Sehat Itu Mudah

Ramai Konsultasi Dokter Online, Ini 5 Tips Memilih Yang Aman

Di era digital, marak munculnya aplikasi dan portal yang menawarkan fitur konsultasi dokter secara online. Tapi, benarkah semuanya terpercaya?

Ramai Konsultasi Dokter Online, Ini 5 Tips Memilih Yang  Aman
Shutterstock
Di era digital, marak munculnya aplikasi dan portal yang menawarkan fitur konsultasi dokter secara online. Tapi, benarkah semuanya terpercaya? 

TRIBUNNNEWS.COM – Kehadiran teknologi mempengaruhi gaya hidup kita yang semakin praktis dan efisien. Di bidang kesehatan, khususnya, muncul aplikasi konsultasi dokter yang menjawab segala keluh kesah kita tentang berbagai jenis penyakit.

Sangat memudahkan, bukan? Tapi tahukah Anda tidak semua aplikasi menyajikan tips kesehatan yang sudah terbukti kebenarannya. Masyarakat juga tidak tahu bagaimana cara mendeteksi dokter yang berkompeten atau tidak.

Agar cerdas memilih aplikasi konsultasi dokter, perhatikan 5 tips berikut:

Jangan tertipu pada penampilan dokter

Masyarakat mudah terkecoh dengan jas putih yang dikenakan dokter online. Meski memiliki penampilan yang ‘menjual’, Anda berhak untuk mengecek lebih dalam mengenai kredibilitas dokter tersebut. Pastikan Anda melihat kompetensi dokter melalui situs Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Cek apakah dokter memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), yang menjadi bukti tertulis tenaga kesehatan dan diberikan oleh pemerintah langsung. Kemudian, Anda juga boleh menanyakan dokter dari lulusan mana atau apakah pernah tersangkut dalam sebuah kasus.

Tidak hanya menyajikan artikel kesehatan

Sembari menghabiskan waktu di jalan atau rumah, Anda tentu sering membuka aplikasi ini untuk membaca artikel kesehatan. Pastikan aplikasi konsultasi dokter yang Anda akses tidak hanya memberikan kutipan-kutipan berdasarkan penelitian yang sudah lalu.

Portal ini wajib menghadirkan dokter yang nyata dan sudah diakui IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Misalnya, melalui fitur live chat. Selain lebih aman, berbicara langsung dengan dokter juga membuat Anda update dengan tips kesehatan terbaru.

Cek ulasan pengguna lain sebelum membeli obat

info dokter klikdokter

Beberapa aplikasi konsultasi dokter tidak hanya menyediakan tips kesehatan, tetapi juga layanan pengantaran obat. Sebagai pekerja yang memiliki mobilitas tinggi tentu hal ini sangat menguntungkan.

Namun, sebelum membeli obat Anda wajib mengecek ulasan pembeli lain. Biasanya mereka memberikan kritik atau pujian mengenai jasa pelayanan ini. Kemudian aplikasi yang terpercaya pastinya meminta resep asli sebelum menyetujui transaksi.

Jangan lupa bandingkan harga obat pada aplikasi tersebut dengan yang lain. Jika harga yang ditawarkan sangat murah, Anda patut curiga.

Perhatikan reputasi rumah sakit yang dianjurkan

Tidak cuma obat, aplikasi konsultasi dokter juga memiliki direktori rumah sakit. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sedang berada di luar kota dan butuh pengobatan di rumah sakit terdekat.

Pastikan informasi rumah sakit yang diberikan lengkap, beserta fasilitas-fasilitas yang tersedia. Perhatikan pula apakah rumah sakit yang dianjurkan sesuai dengan bujet Anda.

Semakin lengkap, semakin baik

Perhatikan aplikasi konsultasi dokter yang Anda buka, apakah memiliki fitur yang lengkap? Kalau ya, berarti aplikasi tersebut memang serius dalam menangani pasien. Seperti aplikasi KlikDokter yang tidak cuma menyediakan artikel kesehatan dan direktori dokter atau rumah sakit.

klikdokter tips kesehatan

KlikDokter juga menyajikan fitur live chat 24 jam sehingga Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa dipungut biaya. Begitu pula layanan pengantaran obat yang dijamin aman, serta direktori obat dan penyakit untuk menambah wawasan Anda.

Disamping itu, aplikasi ini juga menjalin kerjasama dengan KKI (Konsil Kedokteran Indonesia), ILUNI FK (Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Indonesia), ILUNI FKG (Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia), IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan organisasi medis lainnya.

KlikDokter menyajikan health tools Kalender Kehamilan dan Kesuburan bagi Anda yang sedang merencanakan kelahiran sang buah hati.

Dengan berbagai fitur yang lengkap ini, tentu Anda bisa menilai aplikasi konsultasi dokter yang terpercaya dan profesional di bidang kesehatan.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved