Ngemil Tanpa Kalori

Apa Itu Multigrain dan Khasiatnya untuk Kesehatan?

Ternyata ada banyak manfaat multigrain untuk kesehatan. Lalu, sebenarnya apa itu multigrain?

Apa Itu Multigrain dan Khasiatnya untuk Kesehatan?
Shutterstock
Ternyata ada banyak manfaat multigrain untuk kesehatan. Lalu, sebenarnya apa itu multigrain? 

TRIBUNNEWS.COM – Sebagian besar orang kini sudah mulai beralih mengonsumsi multigrain sehari-hari, apalagi untuk dijadikan sebagai cemilan.

Ternyata multigrain punya banyak manfaat untuk kesehatan. Sebelum membahas apa manfaatnya, sebenarnya apa sih multigrain itu? Multigrain adalah makanan yang menggabungkan beragam jenis beras, gandum, biji-bijian, hingga kacang-kacangan.

Inilah yang menjadikan multigrain begitu menyehatkan, sebab campuran dari gandum dan biji-bijian tersebut mengandung banyak gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya bahkan sangat kaya vitamin dan mineral.

Para pakar kesehatan telah membuktikan langsung keunggulan multigrain yang tak hanya berfungsi sebagai sumber energi, tetapi juga baik bagi kesehatan. Berikut manfaat multigrain untuk kesehatan.

Tinggi serat: kolesterol terkontrol, pencernaan lancar

Biji-bijian tinggi akan serat sehingga baik untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya bagi kesehatan adalah menurunkan kolesterol dalam darah.

Melansir WebMD, biji-bijian seperti oat meal dan oat bran mengandung serat larut air yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebelum diserap tubuh, serat larut air akan membersihkan partikel kolesterol di sistem pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum diserap oleh usus.

Selain itu, kandungan serat tinggi dapat mengikat air dan melancarkan saluran pencernaan.

Kaya akan antioksidan

Tidak hanya kaya akan serat, multigrain mengandung antioksidan yang dapat memelihara kesehatan tubuh kamu dengan menangkal radikal bebas. Salah satu jenis multigrain tersebut adalah quinoa. Kamu dijamin tidak mudah jatuh sakit ketika cuaca kian ekstrem atau kelelahan setelah bepergian.

Dilansir dari The Telegraph, quinoa mengandung beta-glucan, yaitu jenis gula yang membantu tubuh menghasilkan sel-sel sistem imun.

Jangan salah, meski kandungan karbohidratnya lebih rendah dari beras, quinoa memiliki protein lebih tinggi. Kandungan inilah yang dapat memperkuat sel-sel tubuh dan menjaga kesehatan tulang, otot, dan mempercantik kulit.

multigrain snack sehat

Mengurangi risiko diabetes

Dilansir dari situs kesehatan Everyday Health, para pakar diabetes menyarankan untuk memakan gandum dan biji-bijian untuk mengurangi diabetes hingga 16 persen. Sebab, multigrain seperti gandum utuh, quinoa, dan bulgur memiliki glikemik indeks rendah dibanding beras putih.

Selain itu, multigrain juga merupakan sumber vitamin B, vitamin E, kalium, dan zat besi.

Mengontrol berat badan

Berat badan yang terkontrol akan menjauhkanmu dari obesitas dan berbagai bahaya lainnya.

Mengonsumsi multigrain dalam porsi cukup dapat menjadi sumber kalori yang baik untuk aktivitasmu sehari-hari. Dibanding mengonsumsi kalori berlebih yang akan menggiring kamu kepada obesitas, disarankan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti multigrain sebagai asupan harian.

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi serat, seperti yang terkandung dalam multigrain, dapat menjadi sumber kalori harian yang aman dan sehat. Mengonsumsi serat tidak akan membuat tubuhmu lemas karena serat memberikan energi dan juga membuat kamu kenyang lebih lama.

Selain itu, multigrain mengandung kalori lebih rendah dan bebas gluten dibanding beras. Kamu juga bisa mengonsumsi multigrain di jam snacking tanpa perlu takut berat badan naik.

Makan multigrain lebih enak dengan Fitbar!

Walau memiliki banyak keuntungan, kebanyakan orang tidak suka mengonsumsi multigrain karena rasanya hambar. Ingin mencicipi multigrain yang sehat dan enak? Kamu bisa makan Fitbar, cemilan yang dibuat dari komposisi multigrain seperti oat, quinoa, dan gandum utuh murni. 

Hanya mengandung 90 kkal per saji, Fitbar terdiri dari rasa cokelat, fruits, dan nuts sehingga ngemil kamu tetap menyenangkan!

fitbar snack sehat

Bukan cuma rendah kalori, Fitbar juga bebas kolesterol (0mg/saji), serta memiliki sumber vitamin A, B12 dan C, juga tinggi kalsium.

Dengan Fitbar, kini kamu punya cara baru untuk nikmati multigrain dengan lebih menyenangkan. Selain itu, berbagai manfaat sehat multigrain yang telah disebutkan di atas pun bisa kamu dapatkan.     Delicious multigrain bar, deh, pokoknya!

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved