Nutrisi Sehat dan Praktis

Cara Enak Penuhi Serat Buat Kamu yang Enggak Suka Sayur

Untuk itu, kamu perlu tahu cara bagaimana dapat memenuhi kebutuhan serat, tetapi dengan cara yang enak.

BizzInsight
Cara Enak Penuhi Serat Buat Kamu yang Enggak Suka Sayur
Shutterstock
Bagi kamu yang enggak suka sayur, ikuti 5 cara enak di bawah ini untuk memenuhi kebutuhan serat. 

TRIBUNNEWS.COM – Keinginan untuk hidup sehat memang butuh komitmen yang kuat. Bagi mereka yang picky eater (pilih-pilih makanan), tentu sulit sekali memenuhi  kebutuhan serat dengan konsumsi sayur dan buah-buahan.

Padahal menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI, rata-rata orang dewasa Indonesia setidaknya membutuhkan 22-38 gram serat per harinya. Manfaatnya dapat menghindarkan kamu dari berbagai penyakit, seperti menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan juga menjauhkan kita dari obesitas. 

Untuk itu, kamu perlu tahu cara bagaimana dapat memenuhi kebutuhan serat, tetapi dengan cara yang enak. Cek tips di bawah ini agar tubuh lebih fit dan bugar dengan asupan serat.

Ngemil jamur enoki

Kamu suka banget daging dan anti makan sayur? Nah, tips yang satu ini pas banget untuk kamu. Coba deh konsumsi jamur enoki atau shitake, strukturnya yang empuk dan kenyal hampir mirip seperti daging. Keduanya cukup mudah kamu temukan di swalayan terdekat. 

Jamur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain mengandung serat yang tinggi, jamur juga tinggi akan vitamin, dan antioksidan yang dapat menjauhkan Anda dari penyakit kanker. 

Meski kaya nutrisi, kamu perlu tahu batasan konsumsi jamur. Terlalu berlebihan akan membuat tubuh bereaksi terhadap alergi. Mulai dari gatal-gatal, gangguan saluran pernafasan, sampai infeksi paru-paru. Selain itu, beberapa jamur mengandung racun sehingga perlu dipastikan jamur yang Anda konsumsi bersih dari zat-zat berbahaya.

Berdasarkan hasil studi Min Zhang dari Universitas Western, Australia, untuk mendapatkan keuntungan jamur, hindari konsumsi lebih dari 10 gram jamur setiap harinya.

jamur 0227
Jamur.

Makan oatmeal dengan sirup cokelat

Cara ini bisa kamu praktikkan di pagi hari, sebagai menu sarapan kamu. Dengan mengonsumsi 100 gram oat, Anda sudah memenuhi kebutuhan serat sebanyak 5,1 gram. 

Namun, rasa hambar pada oat biasanya kurang disenangi anak muda. Maka dari itu, untuk menyiasatinya kamu bisa tambahkan sirup cokelat sebagai topping. Perlu diketahui, mengonsumsi topping yang tidak sehat memang tidak memberi efek sehat sama sekali pada tubuh.

Sementara Anda bisa menggunakan sirup cokelat untuk beradaptasi dengan rasa oat. Untuk langkah selanjutnya, konsumsi oat dengan topping buah-buahan atau kacang-kacangan.

Rutin konsumsi minuman kaya serat

Kalau makan serat sulit, bagaimana dengan minum? Tentu akan lebih mudah dicerna, bukan? Akan lebih baik jika Anda minum-minuman serat yang berasal dari ekstrak alami. 

Konsumsi Nutrive FiberShot, minuman serat yang terbuat dari kandungan 16 sari buah (apel, jeruk, pir, nanas, anggur, lemon, kiwi, dan alpukat) dan sayur (timun, ubi, tomat, brokoli, wortel, bayam, labu, dan akar bit). 

Dengan kemasannya yang praktis, Anda bisa dengan mudah membawa minuman serat ini ke manapun Anda beraktivitas. Konsumsi 2 botol per hari cara enak ini dapat bantu penuhi hingga 1/3 kebutuhan serat harian Anda.

Nutrive Fibershot.
Nutrive Fibershot. (Kalbe)

Tidak perlu khawatir dengan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, Nutrive FiberShot hanya mengandung 50 kkal per 100 ml, serta tanpa pemanis buatan dan bahan pengawet.  

Enggak perlu bingung lagi penuhi kebutuhan nutrisi kamu, karena selalu ada cara enak untuk penuhi serat!

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved