Kebaikan Multigrain

Supaya Sehat, Kapan Waktu Ngemil yang Tepat?

Kalau kamu bingung kapan saja waktu yang baik untuk ngemil, menurut beberapa ahli, berikut informasi jadwal snacking yang benar.

BizzInsight
Supaya Sehat, Kapan Waktu Ngemil yang Tepat?
Shutterstock
Ngemil di waktu yang tepat dengan menu sehat agar memberikan dampak baik ketubuh. 

TRIBUNNEWS.COM – Ngemil menjadi salah satu kebiasaan yang disenangi banyak orang. Bahkan, terkadang apapun camilan yang sedang hits dan nampak lezat langsung menjadi serbuan. Tapi, ternyata ngemil juga bisa berdampak baik untuk kesehatan, seperti melancarkan metabolisme dan menghindarkan kamu dari overeating. 

Sebenarnya dampak baik atau buruk ngemil tergantung dari apa dan kapan kamu mengonsumsinya. Mengutip dari Elite Daily, Melissa Rifkin, MS, RD, CDN, CSO, seorang ahli diet yang berbasis di New York City, mengatakan bahwa ngemil juga tergantung pada jadwal dan bagaimana tubuh kamu mengatasi rasa lapar.

Kalau kamu bingung kapan saja waktu yang baik untuk ngemil, menurut beberapa ahli, berikut informasi jadwal snacking yang benar:

Setelah berolahraga

Setelah berolahraga selama satu jam, mengapa penting untuk snacking? Ini karena tubuh kamu perlu mengganti simpanan energi yang terkuras setelah melakukan aktivitas fisik. Namun, jika latihan yang kamu lakukan kurang dari satu jam dengan intensitas rendah, kamu tidak perlu mengonsumsi camilan tambahan dan makanlah pada jam makan selanjutnya tiba.

Pukul 10.00 – 10.30

DIsebut sebagai brunch atau breakfast-lunch, pukul 10.00 – 10.30 pagi menjadi salah satu saat yang tepat untuk snacking. Ngemil pada jam-jam tersebut dapat membantu terjaganya kadar gula darah dan membuat energi dalam tubuh tetap stabil.

ngemilllllll

Pukul 16.00 – 16.30

Tidak sedikit orang yang mulai merasa lapar antara jam empat hingga setengah lima sore. Pasalnya, pada jam-jam tersebut gula darah dalam tubuh mengalami penurunan sehingga tubuh memerlukan energi tambahan. 

Maka dari itu, pukul 16.00 – 16.30 menjadi waktu yang tepat untuk snacking. Bahkan, camilan sore ini dapat membantu mencegah kamu kalap ketika menyantap makan malam nantinya.

Sebelum tidur malam

Mengutip dari Self, bertentangan dengan kepercayaan populer, ngemil sebelum tidur ternyata tidak menumpuk lemak, tapi justru dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Yang terpenting, pilihlah makanan yang tepat sebagai camilan. Misalnya pisang atau oat. Jadi tidak cuma asal enak, melainkan juga banyak gizinya.

Kamu bisa memilih camilan yang terbuat dari multigrain karena bisa membuat rasa kenyang lebih lama dan memiliki manfaat, seperti melancarkan metabolisme tubuh dan sebagai sumber energi pengganti.

Fitbar sebagai camilan sehat bisa menjadi snack pilihan kamu karena terbuat dari Australian oats dan corn flakes di dalamnya. Camilan sehat ini mengandung vitamin A, B12, C, serta kalsium yang tinggi. Varian rasanya pun beragam, ada fruits, chocolate, dan nuts.

fitbaaarrrr

Nah, buat kamu yang suka kopi, kini telah hadir varian rasa baru yaitu Fitbar Tiramisu yang terbuat dari ekstrak kopi asli. Kamu pun masih bisa snacking dengan cara yang enak!

Supaya sehat, pastikan cerdas memilih camilan dan ikuti jadwal ngemil di atas. 

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved