Breaking News:

Nutrisi Ibu Hamil

3 Alasan Susu Ibu Hamil Beda dari Susu Sapi Biasa

Baik susu sapi biasa dan susu ibu hamil mengandung nutrisi makro serta nutrisi mikro.

BizzInsight
Shutterstock
Susu ibu hamil memiliki nutrisi yang sudah disesuaikan khusus kehamilan. 

TRIBUNNEWS.COM - Menjadi ibu hamil memang terasa sangat spesial. Saking spesialnya,  mereka membutuhkan nutrisi terbaik untuk mengoptimalkan kesehatan diri dan calon buah hati yang dikandungnya. Sebagai pelengkap nutrisi, banyak ibu yang memilih untuk rutin minum susu, khususnya susu ibu hamil.

Lalu, bagaimana jika ibu hamil mengonsumsi susu sapi biasa, seperti susu orang dewasa pada umumnya?

Pada dasarnya, susu ibu hamil juga terbuat dari susu sapi. Baik susu sapi biasa dan susu ibu hamil mengandung nutrisi makro (protein, lemak, dan karbohidrat), serta nutrisi mikro (vitamin dan mineral) yang sama-sama penting.

Namun, ada beberapa keistimewaan susu ibu hamil yang tidak bisa didapatkan dari susu sapi biasa. Berikut penjelasannya.

Sudah diformulasikan dengan nutrisi yang sesuai

Sama seperti susu sapi biasa, Head of Medical Marketing KALBE Nutritional, dr Muliaman Mansyur mengatakan, susu ibu hamil mengandung nutrisi makro dan mikro penting di dalamnya. Tetapi, susu kehamilan adalah susu sapi yang telah difortifikasi sesuai dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Susu ibu hamil memang diformulasikan dan direkomendasikan oleh BPOM untuk wanita hamil karena di dalamnya tinggi makronutrisi seperti protein yang lebih tinggi, dan mikronutrisi seperti folat, zat besi, kalorinya sesuai, ada DHA, dan kalsium yang memang membantu untuk ibu hamil dalam pemenuhan nutrisi,” ungkap dr Muliaman.

Susu ibu hamil mengandung nutrisi yang tak didapat dari susu sapi biasa, seperti asam folat, omega 3,  omega 6 dan DHA.
Susu ibu hamil mengandung nutrisi yang tak didapat dari susu sapi biasa, seperti asam folat, omega 3, omega 6 dan DHA. (Shutterstock)

Vitamin dan mineral yang lebih tinggi

Kebutuhan vitamin dan mineral selama kehamilan lebih tinggi. Pasalnya, nutrisi tersebut bukan hanya untuk ibu saja, melainkan juga dibutuhkan oleh calon buah hati. Melansir Klikdokter, nutrisi dalam susu hamil yang jumlahnya telah disesuaikan adalah  zat besi, zinc, kalsium, fosfor, hingga vitamin A, B, C, D, dan E.

Tambahan vitamin B dan zat besi, misalnya, dapat menambah volume darah pada ibu hamil sehingga bisa mencegah risiko terjadinya anemia. Seperti diketahui, anemia bisa berakibat pendarahan saat melahirkan. Selain itu, vitamin B6 bisa meringankan gejala mual muntah pada ibu hamil dan mencegah janin lahir dengan berat badan rendah.

Lebih jauh lagi, dr. Muliaman juga mengatakan bahwa susu ibu hamil biasanya lebih tinggi kalsium ketimbang susu sapi biasa, yakni bisa mencapai 390 mg per penyajian, sehingga bisa memenuhi lebih dari sepertiga kebutuhan ibu hamil.

Jika kebutuhan kalsium yang tinggi sudah terpenuhi, tulang akan menjadi lebih kuat, sehingga ibu hamil dapat menopang tubuhnya tanpa pegal dan cedera hingga waktu persalinan tiba. Begitu pun dengan buah hati, kelak pertumbuhan tulangnya akan jadi lebih optimal.

Diperkaya zat-zat gizi yang mendukung perkembangan saraf janin

Keistimewaan susu ibu hamil yang tak mungkin didapat dari susu lainnya adalah terdapatnya mineral asam folat, asam lemak esensial, dan DHA yang diperlukan untuk perkembangan otak janin.

Manfaat asam folat untuk ibu hamil diyakini mampu mencegah bayi terlahir dengan kecacatan yang disebabkan oleh masalah neural tube defects. Asam folat sendiri terdapat pada bayam, susu, telur dan lain-lain.

Mengutip Jurnal Nutritalk, kebutuhan ideal asam folat untuk ibu hamil adalah sekitar 400-800 mcg (mikrogram) setiap harinya di awal kehamilan. Di usia kandungan 4-9 bulan, ibu hamil dianjurkan memenuhi asupan asam folat per harinya sebanyak 600 mcg dan saat menyusui sekitar 500 mcg per hari. 

Selanjutnya, manfaat DHA tidak boleh dilupakan karena dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat buah hati di masa depan.

Selain  itu, kombinasi omega 3 juga sangat baik untuk perkembangan otak dan penglihatan janin. Klikdokter menyebutkan, omega 3 yang cukup dapat mengurangi risiko kelahiran prematur dan preeklamsia, mencegah penyakit jantung, memperbaiki fungsi kognitif, serta pengaturan respons peradangan.

Dapat disimpulkan bahwa susu ibu hamil benar-benar dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, salah satunya adalah susu PRENAGEN mommy.

prenagen mommy terbaru 2020

PRENAGEN mommy mengandung NUTRISI MAKRO (karbohidrat, lemak, dan protein) dan NUTRISI MIKRO (vitamin dan mineral). Asupan nutrisi ibu harus lengkap, karena penyerapan NUTRISI MIKRO membutuhkan NUTRISI MAKRO yang jumlahnya seimbang dan tepat sesuai kebutuhan ibu hamil dan ibu menyusui.

Selain itu, dengan formula PRENAPRO, susu ini juga mengandung protein dan tinggi asam folat, kalsium, zat besi, DHA dan Omega 3.

Ibu hamil dapat mengonsumsi PRENAGEN mommy dua gelas sehari selama kehamilan. Agar konsumsi susu tak membosankan, susu hamil ini hadir dalam berbagai varian rasa seperti french vanilla, velvety chocolate, delicious mung bean, groovy mocha, dan lovely strawberry.

Tak hanya itu, tersedia pula PRENAGEN mommy UHT dengan kemasan siap minum yang praktis. Untuk ibu hamil yang sibuk dan tak sempat membuat segelas susu, dapat mengonsumsi PRENAGEN mommy UHT setiap hari, tersedia dalam varian velvety choco dan berry love yang nikmat.

Rasa PRENAGEN yang lebih enak serta kualitas yang tinggi menjadikannya sebagai susu kehamilan dan menyusui yang paling banyak dipercaya oleh keluarga Indonesia.

Karena sang ibu dan calon bayi yang dikandungnya begitu spesial, pemenuhan nutrisinya pun harus spesial, bukan? Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang,  lakukan olahraga ringan, dan jangan lupa lengkapi nutrisinya dengan susu ibu hamil yang terpercaya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved