Breaking News:

8 Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Anda

Pulang kerja ketika hari sudah gelap tapi harus berangkat kembali sebelum matahari muncul adalah kebiasaan yang dilakukan orang-orang di kota besar.

Editor: Hasanudin Aco
mubi
Insomnia alias kurang tidur 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pulang kerja ketika hari sudah gelap tapi harus berangkat kembali sebelum matahari muncul adalah kebiasaan yang dilakukan orang-orang di kota besar.

Hal ini berdampak pada pola tidur mereka. Tak jarang, orang-orang tersebut tidak cukup tidur.

Banyak orang berpikir bisa bertahan dengan tidur kurang dari 8 jam, seperti yang direkomendasikan dokter. Namun, tahukah Anda, kurang tidur memiliki konsekuensi serius bagi otak dan tubuh manusia?

"Semakin pendek tidur Anda, semakin pendek hidup Anda," ungkap Matthew Walker, ahli saraf yang mengambil kepakaran dalam permasalahan tidur dikutip dari Business Insider, Rabu (22/08/2018).

Baca: Ngecek Sosial Media Jelang Tidur Bisa Undang Insomnia

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga 9 jam tidur, bervariasi tergantung kebutuhan tiap orang. Ketika kebutuhan ini tidak terpenuhi, ada beberapa konsekuensi yang dialami oleh tubuh.

Di antaranya adalah:

1. Risiko Tinggi Kanker

Kurang tidur atau kualitas tidur yang tidak baik sejak lama telah dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa jenis kanker. Jenis kanker yang meningkat adalah kanker usus besar (colon) dan payudara.

2. Penuaan Kulit

Menurut sebuah penelitian dari University of Wisconsin, kualitas tidur yang buruk sangat berkorelasi dengan masalah kulit kronis.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved