Manfaat Olahraga Malam Bagi Pria Penderita Hipertensi

Para pria sebaiknya memilih untuk melakukan latihan aerobik di malam hari untuk mendapatkan hasil yang lebih besar dan lebih cepat.

Manfaat Olahraga Malam Bagi Pria Penderita Hipertensi
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Atraksi wushu dari PMS yang membuka upacara pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (19/10/2018) malam. 

TRIBUNNEWS.COM - Kabar gembira bagi para pria penderita hipertensi. Sebuah penelitian telah mengungkap temuan, olahraga di malam hari ternyata mampu membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Dalam penelitian ini, ada 50 pria dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dipilih secara acak. Periset meminta mereka melakukan salah satu dari tiga regimen olahraga.

Regimen meliputi olahraga sepeda sebanyak tiga kali seminggu selama 45 menit antara pukul 7.00-9.00 pagi, atau melakukan hal yang sama antara jam 18.00-20.00.

Peserta juga diberi pilihan untuk melakukan peregangan tiga kali seminggu di pagi atau sore hari selama 30 menit.

Setelah 10 minggu, periset menemukan, hanya olahraga di malam hari yang mampu mengurangi tekanan darah secara maksimal. Olahraga memang tidak akan selalu menggantikan obat yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi.

Baca: Tentang Olahraga Pakai Jaket Bahan Parasut Bisa Bantu Bakar Kalori, Ternyata Salah Kaprah

Namun, Claudia Forjaz, selaku pemimpin riset mengatakan, hasil riset ini menunjukkan manfaat yang hebat bagi pria yang berolahraga.

Ia mengatakan, para pria sebaiknya memilih untuk melakukan latihan aerobik di malam hari untuk mendapatkan hasil yang lebih besar dan lebih cepat.

Forjaz juga mengatakan, olahraga di pagi hari masih lebih baik daripada kita sama sekali tak berolahraga.

"Jika mereka hanya memiliki wakti di pagi hari untuk berolahraga, mereka juga akan mendapat manfaat, tetapi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk merasakannya," kata Forjaz.

Hipertensi mempengaruhi sekitar satu miliar orang di seluruh dunia, dan menyebabkan delapan juta kematian per tahun.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved