Bayi Melepeh Makanannya saat MPASI? Ini Penjelasan Dokter

"Bukan gak suka, tapi itu artinya dia lagi belajar ngenalin rasa dan tekstur,” tutur dr. Frieda saat ditemui Tribunnews.com

Bayi Melepeh Makanannya saat MPASI? Ini Penjelasan Dokter
net
Ilustrasi bayi belajar minum dari gelas 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat mengenalkan makanan pendamping Air Susu Ibu (ASI) banyak bayi yang memberikan reaksi melepeh atau enggan memakannya.

Sayangnya banyak orangtua yang tidak lagi memberikan menu makanan yang dilepehkan tersebut kepada anaknya.

Baca: Kisah Bayi Terkecil Seberat 245 Gram Bernama Saybie yang Sanggup Bertahan Hidup

Faktanya, kata Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik, dr. Frieda Handayani menyebutkan bayi melepeh karena baru mengenali rasa dari makanan yang diberikan.

“Banyak orangtua mengeluh anaknya enggak mau makan daging karena pas dikasih makan pernah dilepehkan. Bukan gak suka, tapi itu artinya dia lagi belajar ngenalin rasa dan tekstur,” tutur dr. Frieda saat ditemui Tribunnews.com, di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Dr. Frieda menyarankan orangtua agar jangan langsung menyerah mengenalkan anak dengan makanan tertentu terlebih jika makanan tersebut mengandung nutrisi baik seperti buah dan sayur-sayuran.

Pasalnya, untuk membiasakan anak suka dengan makanan tertentu butuh 10 sampai 15 kali diberikan kepada anak.

“Setelah dua minggu diberikan coba lagi, intinya harus sabar karena anak atau bayi baru belajar kan bisa 10 sampai 15 kali mencoba makanan dulu sebelum menyukainya,” ujar dr. Frieda.

Kemudian saat mengenalkan anak dengan MPASI sebaiknya jangan sambil menonton video agar anak konsentrasi pada makanannya.

Bantu juga dengan menggunakan alat makan dengan motif tertentu yang menarik perhatiannya.

Baca: Ciri-ciri yang Menandakan Bayi Sudah Siap Diberikan Makanan Pendamping ASI

Tidak masalah juga anak ingin mencoba makanan sendiri dengan tangannya selain melatih mengenal makanan juga melatih motoriknya.

“Jangan makan sambil nonton, bayi kan lagi belajar makan, jangan diganggu apapun karena bayi lagi mencoba merasakan dan jangan takut berantakan,” tutur dr. Frieda.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved