Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Konsumsi Makanan Mentah, Ini yang Dikhawatirkan

Saat kehamilan ada batasan makanan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan bayi diantaranya dilarang makan-makanan mentah.

Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Konsumsi Makanan Mentah, Ini yang Dikhawatirkan
Hindustan Times
Seorang wanita dan bayinya meninggal dunia setelah sang ibu mencoba melahirkan sendiri dengan hanya melihat tutorial di Youtube 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Saat kehamilan ada batasan makanan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan bayi. Di antaranya dilarang makan-makanan mentah.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RS Jakarta, Dr. Ardiansjah Dara SpOG menjelaskan dilarangnya makanan mentah karena dikhawatirkan makanan tersebut mengandung toksoplasma (tokso).

Biasanya bakteri ini terdapat di daratan yang misalnya dihasilkan oleh kotoran kucing yang tertimbun di atas rumput, kemudian rumput tersebut dimakan sapi yang akhirnya daging tersebut dikonsumsi ibu hamil.

Baca: Sebut Kehamilannya Ini yang Ketiga, Sandra Dewi Ungkap Pernah Terpaksa Menggugurkan Kandungan

Baca: Sawi Putih Baik untuk Penderita Penyakit Ginjal dan Anda yang Menjalani Program Diet

“Jadi sebenarnya yang harus hati-hati sebenarnya itunya, makanan mentah, karena makanan mentah yang mungkin terpapar sama yang dari kotoran kucing itu itu yang harus diperhatikan, umumnya makanan di darat,” kata dr. Dara saat ditemui di ditemui di Peluncuran Buku Teman Bumil, di Gramedia Matraman, Jakarta Timur, Rabu (26/6/2019).

Baca: Dampak Buruk Membersihkan Lidah Menggunakan Sikat Gigi

Maka dari itu jenis-jenis sayuran dan daging-dagingan untuk ibu hamil sebaiknya di masak hingga matang termasuk lalap-lalapan, saat hamil hindari lalapan yang tidak melalui proses perebusan atau teknik memasak lainnya.

“Orang makan lalapan itu hati-hati, kayak orang makan pecel lele, pecel ayam kadang-jadang ada gitu, yang kayak gitu-gitu, walaupun tidak semuanya itu ada toksoplasmanya, cuman kan kita jaga-jaga,” ungkap dr. Dara.

Sementara itu, makanan laut alias seafood ternyata sedikit resiko terkena bakteri tokso, karena bakteri tersebut sangat minim ada di laut.

Beberapa makanan laut yang jadi rekomendasi diantaranya adalah salmon yang tinggi protein yang baik untuk ibu dan bayi di dalam kandungan. Tapi untuk jaga-jaga sebaiknya masak dulu seafood tersebut.

“Seafood makanan laut orang orang sering nanya nya kayak sashimi, sushi, salmon, mungkin ada si memang toksoplasma di laut tapi kecil, sehingga boleh aja di makan kok,” pungkas dr. Dara.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved