Hindari Penyakit di Paru-paru pada Lansia, Dengan Lakukan Dua Vaksinasi Ini

Ada dua vaksinasi yang disarankan untuk lansia, yakni influenza dan pneumonia.

Hindari Penyakit di Paru-paru pada Lansia, Dengan Lakukan Dua Vaksinasi Ini
Tribunnews.com/Seno Tri
Kementerian Sekretaris Negara mengadakan kegiatan vaksinasi difteri bagi seluruh pegawai Kemensetneg, Senin (8/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Vaksinasi juga dibutuhkan mereka yang telah usia lanjut atau lansia untuk menjaga kesehatan di masa tua.

Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI), dr. Siti Setiadi menyebutkan ada dua vaksinasi yang disarankan untuk lansia, yakni influenza dan pneumonia atau gangguan fungsi paru-paru.

Vaksin Influenza sangat diperlukan karena saat usia mulai menua akan lebih mudah terserang penyakit dan influenza termasuk penyakit yang muda ditularkan hanya melalui udara.

Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI), dr. Siti Setiadi saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Kamis (4/7/2019).
Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI), dr. Siti Setiadi saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Kamis (4/7/2019). (Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy)

Baca: Perhatikan Asupan Nutrisi Untuk Bantu Menjadi Tua dengan Sehat

Baca: Membedakan Anak Kurus yang Sehat dan Kurang Gizi

Kemudian kalau lansia masa penyembuhan juga semakin lambat, sehingga flu yang tidak sembuh-sembuh dapat memancing penyakit lainnya seperti infeksi paru-paru.

Baca: Raffi Ahmad Totalitas Dalam Kerja, Vicky Prasetyo Sarankan Istirahat

“Pada orangtua fatal terkena batuk dan pilek, kalau di anak muda cepat selesai di orangtua bisa sebabkan infeksi paru-paru jadi kita merekomendasikan vaksinasi influenza satu tahun sekali,” ungkap dr. Siti Setiadi saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2019).

Vaksin pneumonia juga dibutuhkan oleh lansia untuk mencegah penyakit di paru-paru yang kerap dialami para lansia.

“Pneumonia paling banyak yang kena orangtua ujungnya bisa kematian dengan vaksin bisa mencegah dan mengurangi walaupun vaksin bagi lansia ini belum disupport BPJS, masih harus dibiayai sendiri,” kata dr. Siti Setiadi.

Tidak hanya memproteksi diri sendiri, vaksin juga dapat mencegah orang disekitar terkena penyakit karena kesehatan meningkat.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved