Bocah Obesitas dari Karawang

Lebih Dari 4 Jam Operasi, 1 Kg Gelambir Diangkat Dari Tangan Aria Permana, Ada 40 Cm Jahitan 

Tim dokter mengangkat lemak dan kulit dari bagian kedua tangan Aria Permana yang bergelambir sebanyak masing-masing 1 kilogram.

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Aria Permana, pasien obesitas asal Karawang mendapat perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Selasa (23/7/2019). Bocah berusia 13 yang bobot tubuhnya pernah mencapai 192 kg dan sudah menyusut sekitar 106,5 kg itu, akan menjalani operasi bedah plastik tahap pertama yaitu mengangkat kulit bergelambir bagian lengan kanan dan kiri pada hari ini, Rabu (24/7/2019) 

TRIBUNNEWS.COM - Ayah Aria Permana (13), Ade Somantri bisa bernapas lega setelah anaknya berhasil melalui proses operasi kulit gelambir di Rumah Sakit Umum Dr Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Operasi pada bocah asal Karawang tersebut dilakukan enam dokter spesialis kulit pada Rabu (24/7/2019).

Ade Somantri (43) mengatakan, berdasarkan penjelasan dokter, operasi yang berlangsung sekitar empat jam tersebut berlangsung lancar.

Dokter mengoperasi gelambir yang ada di tangan kanan dan kiri Aria Permana.

Tiga dokter menangani tangan kanan sementara tiga dokter lainnya menangani tangan kiri.

Ketua tim bedah plastik, dr Hardisiswo Soedjana, Sp.BP(K) mengatakan operasi dilakukan pada pukul 09.30 dan selesai pukul 14.45.

Aria Permana datang ke ruang operasi pukul 07.00.

Aria Permana, pasien anak obesitas asal Karawang, Jawa Barat, tengah asyik bermain gim di ponselnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Selasa (23/7/2019). Aria Permana, bocah berusia 13 tahun yang bobot tubuhnya pernah mencapai 192 kg dan kini sudah menyusut sekitar 106,5 kg itu akan menjalani operasi tahap pertama yaitu mengangkat kulit bergelambir bagian lengan kanan dan kiri pada Rabu (24/7/2019). Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Aria Permana, pasien anak obesitas asal Karawang, Jawa Barat, tengah asyik bermain gim di ponselnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Selasa (23/7/2019). Aria Permana, bocah berusia 13 tahun yang bobot tubuhnya pernah mencapai 192 kg dan kini sudah menyusut sekitar 106,5 kg itu akan menjalani operasi tahap pertama yaitu mengangkat kulit bergelambir bagian lengan kanan dan kiri pada Rabu (24/7/2019). Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Sebelum operasi dilaksanakan, tim dokter membuat desain khusus dan persiapan anastesi.

Dokter melakukan operasi pada bagian lengan atas dan bawah untuk menarik lemak dan kulit yang berlebihan dibuang.

"Karena kondisi lemak yang lumer dan kondisi di antara lemak dan kulit terdapat jaringan-jaringan penting seperti saraf, otot, dan pembuluh darah, sehingga mengharuskan kami amat sangat berhati-hati dalam melakukan tindak (operasi)," ucapnya dalam konferensi pers pasca-operasi di RSHS, Jalan Pasteur, Rabu (24/7/2019).

Halaman
1234
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved