Peduli Lansia

Meskipun Terkena Kanker, Ia Tetap Rawat Anaknya yang Menderita Kanker

Di usia senja, Tarsah (50) seorang penderita kanker payudara harus merawat sang anak yang mengalami kanker rahim. Saat di temuin oleh Tribunnews.com,

Meskipun Terkena Kanker, Ia Tetap Rawat Anaknya yang Menderita Kanker
Tribunnews/Dea Duta Aulia
Tarsah (50) (kerudung coklat) seorang penderita kanker payudara tetap merawat anaknya yang terkena kanker rahim di Cengkareng Timur, Kamis (8/8) kemarin. 

TRIBUNNEWS.COM - Di usia senja, Tarsah (50) seorang penderita kanker payudara harus merawat sang anak yang mengalami kanker rahim.

Saat di temuin oleh Tribunnews.com, Tasah, menceritakan dirinya terkena penyakit kanker sejak 2016 lalu.

"Sekitar 3 tahun lalu, saya terkena penyakit kanker payudara, namun sudah dioperasi tapi sekarang tumbuh lagi (kankernya)," ujar Tarsah, di Cengkareng Timur, Jakarta Barat, Kamis (8/8).

Cobaan hadir tak hanya dari situ, karena penyakitnya, sang suami terpaksa meninggalkan Tarsah dan sang anak di rumah. Meskipun ditinggal sang suami, rasa sayang Tarsah ke pada sang anak patut diacungkan jempol.

Hal tersebut dapat dilihat ketika dirinya merasa memiliki kewajiban untuk mengurus sang anak yang juga sakit kanker. Bahkan ia sampai menggadai rumahnya untuk membantu biaya perawatan sang anak.

"Rumah digadai untuk perawatan anak, soalnya sebulan butuh dua kali perawatan," ujar Tarsah di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (8/8).

Meskipun mengalami cobaan di usia senja, namun ia cukup terbantu karena tergabung sebagai lansia binaan di Yayasan Lansia Al-Madiniyah Pusaka 41. Pasalnya pihak yayasan kerap memberikan perhatian kepada lansia binaan.

Ketua Yayasan Lansia Al-Madiniyah Pusaka 41, Iis Ismawati, saat di temui oleh Tribunnews.com, ia mengatakan bahwa permasalahan Tarsah merupakan salah satu contoh dari berbagai masalah yang dihadapi lansia binaan di yayasan tersebut.

Menyikapi hal tersebut, PT. Berlico Mulia Farma, anak perusahaan Sido Muncul Group, memberikan bantuan untuk para lansia binaan di Yayasan Al-Madiniyah, Cengkareng Timur, Kamis (8/8).

Di Acara tersebut, perusahaan yang terkenal dengan produk LinoGo dan Imuco memberikan sumbangan dengan total Rp 150 juta kepada Yayasan Al-Madiniyah.

“Sumbangan kali terdiri dari Rp 110 juta untuk 110 lansia dan Rp 40 juta untuk operasional yayasan,” ujar Direktur Berlico Mulia Farma, Irwan Hidayat, di Yayasan Al-Madiniyah, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (8/8).

Irwan Hidayat mengatakan, bantuan sosial tersebut merupakan amanah mendiang sang ibu. Sebelum wafat, ibunda berpesan kepada anak-anaknya untuk peduli terhadap lansia dan terus berbagi kepada yang membutuhkan. Mendapatkan pesan tersebut, Irwan Hidayat segera menjalankan amanah ibunda.

PT. Berlico Mulia Farma, anak perusahaan Sido Muncul Group saat memberikan bantuan u
PT. Berlico Mulia Farma, anak perusahaan Sido Muncul Group saat memberikan bantuan untuk para lansia binaan di Yayasan Al-Madiniyah, Cengkareng Timur, Kamis (8/8) kemarin. (Tribunnews/Dea Duta Aulia)

“Ibu sangat istimewa bagi saya. Bahkan saya tidak berani untuk membantah perintah ibu,” kata Irwan Hidayat.

Melihat niat baik dari Irwan Hidayat untuk menjalankan amah sang ibu, Ketua Yayasan Lansia Al-Madiniyah Pusaka 41, Iis Ismawati, menyambut positif dari niat tersebut. IIs juga mengatakan kegiatan ini sangat membantu yayasan untuk memberikan motivasi dan semangat hidup bagi para lansia yang tergabung di yayasan tersebut.

“Ini sangat membantu sekali dan ini sangat termotivasi sekali untuk hidup kembali,” ujar Iis Ismawati di acara tersebut.

Tak hanya membantu, kegiatan yang diselenggarakan oleh Berlico Mulia Farma dinilai tepat sasaran. Iis mengatakan permasalahan utama yang dihadapi di yayasannya adalah finansial.

“Kendalanya adalah pendanaan, namun saya tetap optimis agar dapat menghidupi yayasan ini,” ujar Iis

Menariknya, di acara tersebut, Irwan Hidayat menyempatkan diri untuk berkeliling di area sekitar yayasan guna melihat para lansia. Ketika berkeliling, Irwan Hidayat juga memberikan bantuan berupa renovasi rumah untuk lansia yang di kunjunginya.

ansia yang tergabung di Yayasan Al-Madiniyah, Cengk
Lansia yang tergabung di Yayasan Al-Madiniyah, Cengkareng Timur, Kamis (8/8). (Tribunnews/Dea Duta Aulia)

Bukan hanya pihak yayasan yang merespon positif akan kegiatan tersebut, lansia binaan yayasan juga memberikan apresiasinya untuk bantuan sosial yang diberikan oleh Berlico Mulia Farma.

“Saya berterima kasih telah dibantu dan rencanya bantuan ini akan digunakan untuk menuhi kehidupan saya,” ujar Umi Kulsum (94) yang dihidup seorang diri di rumah.

Hal senada juga disampaikan oleh Tarsah, ia mengatakan bahwa bantuan ini akan digunakan untuk memenuhi kehidupan. Selain itu ia juga sangat berterima kasih karena telah dibantu untuk melunasi rumahnya yang telah digadai.

“Saya sangat berterima kasih karena telah dibantu. Saya terima kasih karena pembiayaan rumah saya sudah dibantu juga,” ujar Tarsah.

Di akhir acara, Irwan Hidayat berpesan agar generasi muda harus patuh terhadap perintah ibu. Serta untuk para lansia agar tetap semangat dalam menjalani hidup.

“Generasi muda harus patuh terhadap perintah ibu karena itu penting dan untuk para lansia harus tetap semangat dalam menjalani hidup,” tutup Irwan Hidayat.

Penulis: Dea Duta Aulia 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved