Sektor Kesehatan Disarankan Dibenahi Demi Wujudkan SDM Indonesia yang Unggul

Dalam diskusi tersebut dijelaskan, salah satu pekerjaan rumah untuk menciptakan SDM-SDM unggul Indonesia adalah pembenahan sektor kesehatan

Sektor Kesehatan Disarankan Dibenahi Demi Wujudkan SDM Indonesia yang Unggul
Istimewa
Harvard Club Indonesia (HCI), sebuah platform think-tank yang beranggotakan alumni-alumni Universitas Harvard di Indonesia, menyelenggarakan sebuah diskusi untuk mengupas berbagai tantangan dan pendekatan untuk membenahi sektor kesehatan Indonesia. Kegiatan yang diadakan di Gedung Nusantara DPR RI bertepatan dengan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia di hari Selasa (10/9/2019) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul merupakan visi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) di periode keduanya.

Menyikapi hal tersebut, Harvard Club Indonesia (HCI) menggelar diskusi terkait pembenahan sektor kesehatan yang digelar di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Selasa (10/9/2019).

Baca: Star Yoga Membina SDM Unggul untuk Indonesia Maju

Dalam diskusi tersebut dijelaskan, salah satu pekerjaan rumah untuk menciptakan SDM-SDM unggul Indonesia adalah pembenahan sektor kesehatan.

Ada tiga aspek yang harus dibenahi dalam sektor kesehatan, yaitu pertama aspek ketersediaan dan kualitas SDM dunia kesehatan, sedangkan kedua adalah masalah kualitas kesehatan masyarakat itu sendiri, dan ketiga adalah mengenai keberlangsungan dan jaminan mutu jaminan sosial kesehatan yang harus disediakan oleh pemerintah.

Jokowi sendiri dalam kampanyenya di Pilpres 2019 menyatakan bahwa pada periode keduanya akan fokus pada masalah pengembangan SDM Indonesia, maka masalah kesehatan menjadi sangat krusial bagi terwujudnya fokus tersebut.

“HCI yakin, seperti halnya seluruh peserta di sini, bahwa kesehatan adalah pra-syarat untuk menghasilkan manusia-manusia unggul Indonesia dan berdaya saing global,” kata Presiden HCI, Melli Darsa dalam keterangannya, Selasa.

Melli yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang & Industri (KADIN) Indonesia Bidang Hukum dan Regulasi, menyatakan beberapa waktu yang lalu HCI menggelar diskusi terkait Ibu Kota Baru bersama Bappenas.

Hari ini, HCI bekerjasama dengan DPR RI memilih topik kesehatan untuk menggali lebih dalam potensi dan tantangan sektor kesehatan yang akan dihadapi pemerintahan Jokowi periode dua,

Namun, sayang perhatian pemerintah selama ini masih amat terfokus pada kesehatan fisik sementara kesehatan mental atau kesehatan jiwa belum banyak disentuh.

“Untuk itu acara diskusi hari ini akan membahas komprehensif, baik kesehatan fisik dan kesehatan mental karena manusia unggul Indonesia itu harus sehat badannya dan sehat jiwanya,” pungkas Melli dalam sambutannya.

Halaman
123
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved