Terobosan Terbaru Menangani Kelainan Katup Jantung

Metode minimal invasif ini juga menjadi solusi pada orang-orang yang lebih berisiko menjalani operasi penggantian katup secara konvensional

Terobosan Terbaru Menangani Kelainan Katup Jantung
Shutterstock
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penggantian katup jantung menggunakan kateter merupakan terobosan terbaru untuk menangani kelainan katup jantung khususnya untuk katup aorta dan mitral.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dan wakil ketua Siloam Heart Institute dr Antono Sutandar, Sp.JP-K mengatakan, metode ini memungkinkan dilakukannya implantasi katup aorta atau mitral tanpa pembedahan.

"Caranya menggunakan kateter yang dimasukkan melalui pembuluh darah besar di area pangkal paha," kata Antono Sutandar saat  Patient Gathering bertema Meet The Heart Heroes di Siloam Hospitals Kebun Jeruk belum lama ini.

Dikatakannya, metode minimal invasif ini juga menjadi solusi pada orang-orang yang lebih berisiko menjalani operasi penggantian katup secara konvensional.

"Misalnya orang yang kondisi fisiknya lemah atau usia lanjut. Selain itu, pasien yang melakukan tindakan ini juga akan menjalani proses pemuilihan lebih cepat," katanya.

Baca: Atta Halilintar Berniat Jenguk Ibunda Bebby Fey yang Kena Serangan Jantung, Ini Kata Sunan Kalijaga

Sementara itu, peringatan hari jantung sedunia tahun ini, World Heart Federation menyuarakan pembentukan heart hero community dan pembuatan janji-janji sederhana yang dapat berdampak positif untuk kesehatan jantung diri sendiri dan orang lain.

Janji-janji sederhana seperti olahraga teratur, diet sehat, memberikan edukasi, stop merokok, dan lainnya diharapkan dapat memotivasi setiap orang untuk hidup dengan jantung yang lebih sehat.

Bertepatan dengan peringatan hari jantung sedunia, Siloam Heart Institute mengadakan patient gathering dan menggunakan kesempatan ini untuk mengambil bagian dalam mendukung kampanye tersebut untuk dapat berkontribusi menjadi pahlawan jantung (heart hero) melalui edukasi dan menyediakan wadah untuk para pasien dapat saling berinteraksi.

World Heart Federation mencatat lebih dari 17.900.000 orang meninggal setiap harinya karena penyakit jantung dan pembuluh darah, sementara itu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat 12.9% kematian di Indonesia pada tahun 2018 disebabkan karena penyakit jantung koroner.

Baca: Mahasiswa ini Main HP Seharian di Kamar, Akhirnya Alami Susah Nafas Hingga Jantung Berhenti

Fakta bahwa jumlah pelayanan medis yang berkualitas untuk penyakit jantung masih sangat terbatas mendasari didirikannya Siloam Heart Institute di Siloam Hospitals Kebon Jeruk pada tahun 2013.

Sebagai pusat unggulan penyakit jantung dan pembuluh darah yang berpusat di Siloam Hospitals Kebon Jeruk, salah satu rumah sakit flagship Siloam Hospitals Group, Siloam Heart Institute menawarkan layanan pencegahan, pengobatan, diagnostik, operasi, dan rehabilitasi menggunakan layanan dan peralatan kesehatan terkini.

Sejak berdiri enam tahun lalu, tim Siloam Heart Institute telah melakukan lebih dari 1.900 operasi bedah jantung, baik dewasa dan anak-anak serta ribuan pelayanan intervensi lainnya.

Pasien-pasien yang dilayani oleh Siloam Heart Institute berasal dari seluruh penjuru Indonesia dengan berbagai macam prosedur baik diagnostik, intervensi, dan bedah.

Beberapa prosedur yang merupakan unggulan dari Siloam Heart Institute antara lain coronary bypass, valve surgery, congenital heart surgery, pediatric heart surgery, LAA Closure, serta CRT-

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved