Saat Stres Melanda, Penting Cari Teman Bercerita

Saat stres mulai melanda, ada yang lebih memilih memendamnya dan enggan berbagi cerita dengan orang lain tentang masalah yang dihadapi.

Saat Stres Melanda, Penting Cari Teman Bercerita
Hypnotherapy in Wales from Gaia Evalyn Love
Stres 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat stres mulai melanda, ada yang lebih memilih memendamnya dan enggan berbagi cerita dengan orang lain tentang masalah yang dihadapi.

Padahal, teman bercerita memiliki peran besar terhadap kesehatan mental. Sebab, dapat menimbulkan kelegaan pada seseorang yang sedang bermasalah.

"Setelah lega, otak dapat berfungsi lebih baik sehingga lebih mampu menentukan solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada," ungkap Monica Sulistiawati, psikolog dari Personal Growth kepada Tribunnews.com, Rabu (9/10/2019).

Baca: Kondisi Irish Bella Sudah Membaik, Dokter Membolehkannya Pulang

Baca: Sejak Jadi Ibu, Raisa Andirana Selektif Pilih Tawaran Kerja

Baca: Batu Sandungan Dalam Karier Tak Hentikan Langkah Tegar Septian, Ada Cinta yang Bikin Semangat

Kemudian menceritakan permasalhan yang dialami ke orang lain juga mampu memberikan alternatif pemecahan masalah yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh seseorang yang sedang menghadapi masalah.

Berbagi kisah dan berdiskusi pun bisa menghadirkan emosi positif seperti perasaan dimengerti, dimaklumi, dan diterima sehingga timbul rasa senang.

"Rasa senang yang meningkat, dapat menurunkan kadar stres pada tubuh," kata Monica.

Selain bercerita, mencari hiburan saat suasana hati mulai suntuk pun bisa menjadi pengalih dari stres yang sedang dirasakan.

"Mencari hiburan akan membuati individu tidak lagi berfokus pada rasa stresnya, dan dapat meningkatkan fungsi otaknya untuk memikirkan hal-hal lain yang lebih positif," ucap Monica.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved