Breaking News:

Demam Berdarah

Kasus DBD di Sumatera Meningkat, Cara Ini Lebih Mudah Cegah Nyamuk di Rumah Dibanding Fogging

Sebelum ada imbauan fogging resmi dari dinkes maupun puskesmas di daerah Anda, Anda bisa terlebih dahulu lakukan pencegahan penularan DBD di rumah den

Banga Pos/Agus Nuryadhyn
Ilustrasi Fogging 

TRIBUNNEWS.COM, SUMATERA - Kasus demam berdarah dengue (DBD) kembali menyerang beberapa wilayah Sumatera dalam satu bulan terakhir, yakni Kerinci (Jambi), Bandar Lampung (Lampung), dan Bengkalis (Riau).

Di Kerinci, hingga pekan awal Oktober 2019, setidaknya 12 hingga 15 warga dinyatakan positif DBD. Di Desa Semerah, Kecamatan Sitinjau Laut, misalnya, setidaknya empat warga dirawat intensif. Desa lainnya, seperti Pulau Tengah dan Desa Semerap, juga ditemukan korban lebih banyak.

Mengutip Tribun Lampung, Dinkes Bandar Lampung lakukan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menyambut musim penghujan, terkait potensi mewabahnya DBD yang lebih tinggi. Sebab, terhitung Januari 2019-Oktober 2019, penderita DBD capai 600-an kasus, meskipun tanpa korban jiwa.

Musim penghujan juga menimbulkan kewaspadaan penyebaran DBD di Kabupaten Bengkalis, Riau. Dari data Dinkes Kabupaten Bengkalis, sejak sepekan di September 2019, tercatat ditemukan 27 kasus DBD dan beberapa warga dirawat intesif.

Sebelum dilakukan fogging, Anda bisa lakukan pencegahan DBD di rumah Anda  

Pemerintah melalui Dinas Kesehatan di masing-masing daerah di atas melakukan berbagai tindakan pencegahan, salah satunya fogging. Fogging adalah salah satu cara membunuh nyamuk pembawa virus penyebab demam berdarah. Pengasapan ini dapat mematikan Aedes aegypti yang bersarang di rumah.

Baca: Kasus DBD Melonjak di Bontang dan Tabalong, Ini Cara Praktis Basmi Nyamuk DBD di Rumah

Namun, disarankan fogging tidak dilakukan sembarangan. Sebaiknya, fogging dilakukan oleh petugas kesehatan, baik tingkat suku dinas kesehatan maupun di puskesmas.

Pada dasarnya, fogging sewajarnya dilakukan oleh orang yang sudah ahli dalam prosedur menggunakan mesin dan paham di mana tempat-tempat nyamuk bersarang.

Semprot obat anti nyamuk untuk lindungi keluarga dari virus DBD

Sebelum ada imbauan fogging resmi dari dinkes maupun puskesmas di daerah Anda, Anda bisa terlebih dahulu lakukan pencegahan penularan DBD di rumah dengan cara yang lebih praktis namun efektif.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved