Breaking News:

Tanda-tanda Diabetes Pada Anak: Kulit Leher Hitam dan Muntah-muntah

Ciri lain diabetes pad anak yang mudah dikenali adalah mudan haus, banyak makan, tapi berat badan menurun.

TRIBUN/HO
Siswa-siswi sekolah Cakra Buana melakukan aktivitas di luar ruangan pada acara Healthy Camp di Depok, Jawa Barat, Selasa (12/11/2019). Selain digelar di SD Cakra Buana, kegiatan edukasi terkait diabetes dan pentingnya pola hidup sehat juga digelar di beberapa sekolah dasar di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang Selatan, dengan total melibatkan lebih dari 600 anak. TRIBUNNEWS/HO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Jika menemui noda hitam pada leher anak yang sulit dibersihkan, bisa jadi itu tanda-tanda anak yang terkena diabetes bukan daki yang menumpuk.

Gangguan kulit berupa garis hitam horizontal pada leher yang disebut acanthosis nigricans itu disebutkkan Dokter spesialis anak, Dr dr Nanis Sacharina Marzuki itu merupakan ciri dari resistensi insulin.

“Jadi insulinnya ada tapi sel-sel gak resisten gak mau nempel, jadi nanti itu cenderung gula darahnya jadi tinggi,” ucap dr. Nanis saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Senin (11/11/2019).

Ciri lain diabetes pad anak yang mudah dikenali adalah mudan haus, banyak makan, tapi berat badan menurun.

Anak juga kerap merasa lemas dan mual bahkan muntah yang tiba-tiba.

“Itu mendadak aja rasa mualnya, terus awalnya sakit perut ada yang dikira usus buntu pas dikira usus buntu ternyata pas dicek gulanya tinggi jadi gejalanya suka dikira penyakit lain,” ungkap dr. Nanis.

Kalau menemukan tanda diabetes orang tua dianjurkan segera membawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan edukasi agar anak kembali pulih.

Dan, untuk menghindari anak diabetes orangtua disarankan untuk mengatur pola makan anak, mengajak anak melakukan aktivitas fisik.

Tidak kalah pentingnya adalah rutin membawa anak ke dokter untuk memeriksakan tekanan gula darahnya.

“Untuk anak di atas umur 10 tahun sebelum puber kalau kegemukan mulai wanti-wanti dan perhatian diabetesnya bisa diperiksa gula darah puasanya rutin, atur pola makan, olahraga,” pungkas dr. Nanis.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved