Klinik Kecantikan Ilegal

Polisi Grebek Klinik Suntik Stem Cell di Kemang, Yuk Kenali Sel Punca, Apa Manfaatnya?

Penggerebekan praktik stem cell ilegal di Jakarta jadi sorotan, sebenarnya layanan ilegal apa yang dilakukan? Apa fungsi dan manfaat stem cell?

Polisi Grebek Klinik Suntik Stem Cell di Kemang, Yuk Kenali Sel Punca, Apa Manfaatnya?
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
PENGEMBANGAN STEM CELL - Peneliti melakukan riset di laboratorium riset stem cell di Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell gedung Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga Surabaya, Rabu (11/7). Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) menaikkan anggaran pengembangan stem cell dari tahun lalu. Jumlah anggaran Rp9,3 miliar untuk tahun ini, tahun lalu yang Rp2,9 miliar hanya untuk stem cell. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM -  Penggerebekan praktik stem cell ilegal di Jakarta jadi sorotan, sebenarnya layanan ilegal apa yang dilakukan?

Sabtu (12/1/2020), klinik di Ruko Bellepoint yang terletak di Mampang Selatan, Jakarta Selatan digerebek jajaran Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Klinik tersebut diduga menyediakan praktik stem cell ilegal.

"Mendapatkan laporan informasi dari masyarakat bahwa adanya praktik kedokteran secara ilegal dan tanpa izin dengan modus penyuntikan stem cell tanpa izin edar BPOM," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Sayudi Ario Seto melalui keterangan tertulis.

Namun, apa itu stem cell dan apa fungsinya?

Tubuh memiliki banyak sekali jenis sel agar semua organ berfungsi dengan baik.

Dari sekian banyak sel itu, salah satu yang paling terkenal adalah stem cell (sel stem) atau sel punca. Namun, sel punca ini berbeda dengan sel lainnya.

Mari kita bahas satu persatu.

Semua manusia berasal dari satu sel yang disebut zigot, sel gabungan antara sel telur dan sperma.

Zigot kemudian membelah menjadi dua, empat, delapan, dan seterusnya.

Halaman
123
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved