Virus Corona

Jadi Bagian Protokol Pencegahan Covid-19, Ternyata Menggunakan Masker Bagi Penderita Asma Berbahaya

Jika menggunakan masker menjadi satu diantara protokol Covid-19 bagi orang normal, aturan ini tidak berlaku bagi penderita asma.

Kompas.com
Ilustrasi menggunakan masker untuk mencegah penularan Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM - Jika menggunakan masker menjadi satu diantara protokol Covid-19 bagi orang normal, aturan ini tidak berlaku bagi penderita asma.

Alasannya bukan karena penderita asma kebal terhadap virus corona.

Pun tidak hanya penderta asma saja yang tidak disaranan menggunakan masker.

Sebab penderita asma, juga masalah paru-paru lainnya justru berbahaya bagi dirinya jika menggunakan masker.

Melansir Daily Mail (19/5/2020), Menurut para ahli, orang yang menderita asma atau kondisi paru-paru lainnya tidak boleh memakai masker jika itu membuat mereka sulit bernapas.

Penggunaan masker bagi penderita asma justru dapat membuat lebih sulit untuk menarik udara ke paru-paru, kemudian dapat memicu asma untuk beberapa pasien.

Selain itu, juga bisa menyebabkan kecemasan karena mengubah pola pernapasan mereka.

Di sisi lain, orang-orang yang menderita asma juga lebih berisiko tinggi untuk menjadi sakit parah jika benar-benar tertular virus, sehingga inilah yang cukup menjadi dilema.

Warga melakukan proses pembuatan masker berbahan kain di Balai Latihan Kerja (BLK) Larangan, Tangerang, Banten, Kamis (16/4/2020). Pemerintah Kota Tangerang memanfaatkan BLK yang ada di Kota Tangerang serta memberdayakan warga sekitar untuk memproduksi ribuan masker kain yang nantinya akan dibagikan secara gratis untuk masyarakat Tangerang. Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga melakukan proses pembuatan masker berbahan kain di Balai Latihan Kerja (BLK) Larangan, Tangerang, Banten, Kamis (16/4/2020). Pemerintah Kota Tangerang memanfaatkan BLK yang ada di Kota Tangerang serta memberdayakan warga sekitar untuk memproduksi ribuan masker kain yang nantinya akan dibagikan secara gratis untuk masyarakat Tangerang. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Para ahli mengatakan, melansir Intisari.id (20 Mei 2020), orang harus memakai masker jika mereka bisa, untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain di sekitar mereka, tetapi tidak membahayakan kesehatan mereka sendiri dalam prosesnya.

Kondisi pernapasan adalah penyakit yang mengganggu pernapasan seseorang seperti asma, gangguan paru obstruktif kronik (PPOK), fibrosis kistik, bronkitis kronis, emfisema atau kanker paru-paru.

Halaman
1234
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved