Breaking News:

Panduan New Normal Sesuai Protokol Kementerian Kesehatan di Tempat Kerja

Kementerian Kesehatan pada Sabtu (23/5/2020) telah mengeluarkan Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja, berikut informasinya.

BRI
Salah satu kantor cabang BRI menerapkan physical distancing kepada para nasabahnya. 

TRIBUNNNEWS.COM - Kementerian Kesehatan merilis Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020, Sabtu (23/5/2020).

Keputusan tersebut berisi tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Dilansir dari kemenkes.go.id Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto mengatakan, dunia usaha dan masyakat pekerja memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan.

Hal ini terkait  besarnya jumlah populasi pekerja dan mobilitas serta interaksi penduduk umumnya disebabkan aktivitas bekerja.

Maka dalam situasi pandemi Covid-19, roda perekonomian harus tetap berjalan dengan mengedepankan langkah-langkah pencegahan.

Presiden Joko Widodo diperiksa suhu tubuhnya saat meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal (normal baru) di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). Dalam tinjauan kali ini, Jokowi menyampaikan pengerahan TNI/Polri secara masif di titik-titik keramaian untuk mendisiplinkan masyarakat dengan tujuan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan sesuai ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo diperiksa suhu tubuhnya saat meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal (normal baru) di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Perlu dilakukan upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi Covid-19 atau New Normal,'' ucap dr Terawan.

Dalam keputusan tersebut, pemerintah membentuk aturan pola hidup baru yang mengedepankan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

Protokol kesehatan tersebut berisikan tentang aturan menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak, serta menjaga kesehatan dengan asupan makanan dan berolahraga.

Protokol kesehatan juga mengatur tata cara berkumpul di luar rumah, makan di restoran hingga beribadah.

DilansirKeputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020, berikutpanduan New Normal di Indonesia:

Ilustrasi bekerja di kantor.
Ilustrasi bekerja di kantor. (Pexels.com)
Halaman
1234
Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved