Breaking News:

Di Masa Pandemi Pakai Masker Bikin Sesak, Amankah untuk Ibu Hamil?

Saat beraktivitas ke luar rumah di masa pandemi virus corona (covid-19), seluruh masyarakat wajib menggunakan masker, termasuk ibu hamil.

pixabay.com
Ilustrasi ibu hamil 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat beraktivitas ke luar rumah di masa pandemi virus corona (covid-19), seluruh masyarakat wajib menggunakan masker, termasuk ibu hamil.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dr. Purnawan Senoaji SpOG (K) menekankan masker aman digunakan untuk tidak hamil maupun ibu hamil yang memiliki asma.

Saat menggunakan masker dr. Purnawan masih ada sirkulasi udara yang berputar di dalam masker jadi tetap aman dan tidak akan membahayakan janin.

"Masker tidak akan menutup sampai tidak bisa napas artinya kita masih punya filterisasi pada masker untuk bisa mengambil oksigen dari luar namun mencegah dari droplet ukuran besar untuk namsuk ke mulut," ungkap dr. Purnawan saat live di Radio Kesehatan, Selasa (16/6/2020).

Baca: Penanganan Covid-19 Pada Ibu Hamil, Selain Obat Fokus pada Pemenuhan Vitamin dan Mineral

Masker juga tidak akan membahayakan karena tidak dipakai 24 jam penuh. 

Saat kembali ke rumah bisa melepas masker sehingga disarankan keluar kalau rumah kalau ada perlunya saja.

Baca: Selama Pandemi Covid-19, Kunjungan Ibu Hamil di RSUD Budhi Asih Turun Drastis

"Di luar kan tidak dalam waktu yang lama, prinsipnya pakai masker untuk mencegah droplet dari orang lain," kata dr. Purnawan.

Ilustrasi ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil. (Envato)

Kemudian ibu hamil juga sangat penting memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 ini dengan rajin mencuci tangan dan menjaga jarak.

Kemudian hindari potensi paparan virus misalnya demgan memilih konsultasi kehamilan secara online dan kalau ke rumah sakit janjian dulu sama dokternya jadi gak menunggu terlalu lama di rumah sakit.

"Modifikasi kunjungan kehamilan, bisa diatur tidak terlalu sering untuk mencegah paparan janjian dulu sama rumah sakitnya dan bisa telekonsultasi," pungkas dr. Purnawan.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved