Breaking News:

Obat Covid-19 Harus Miliki Izin Edar agar Aman Dipasarkan

Badan POM melakukan uji tertentu sehingga obat tersebut dapat mendapat persetujuan dan mendapat ijin edar.

TRIBUN/HO
Foto bersama petugas medis yang menangani pasien Covid-19 di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Rabu (6/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menggelar Webinar bertajuk "Polemik Beragamnya Klaim Temuan Obat dan Jamu Herbal Penangkal Covid-19", Minggu (28/6/2020).

Pada Webinar kali ini membahas bagaimana obat-obat Covid-19 yang diklaim dapat menyembuhkan dapat digunakan oleh masyarakat.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan bahwa banyaknya penemuan obat tersebut harus ada titik temu agar tidak menimbulkan masalah baru.

"Bagaimana konteksnya, regulasinya dan jalan keluarnya,sehingga jangan sampai kita terjebak pada upaya mengatasi masalah Covid ini dengan masalah mengenai obat," tutur Tulus saat Webinar, Minggu (28/6/2020).

Penggunaan obat untuk penanganan Covid-19 dipantau ketat oleh Kementerian Kesehatan.

Baca: Pria Asal Situbondo Sambangi Gedung DPR Klaim Temukan Obat Covid-19 Dari Tempurung Kelapa

Direktur Produksi dan Distribusi Kefarmasian Kemenkes, Agusdini Banun Saptaningsih menyebut bahwa obat-obatan yang sampai ke fasilitas perawatan pasien Covid-19 diperhatikan dengan protokol yang ketat.

Baca: Indonesia Ancang-ancang Ciptakan Obat Covid-19, Terbuat dari Ekstrak Empon-empon

"Kita ketahui bahwa pemilihan obat itu melalui perundingan. Kita juga melihat bahwa obat Covid-19 harus ada izin edar dari Badan POM. Dari pembiayaan, pengadaan sampai penggunaan di layanan rumah sakit di monitoring dan kami pantau terus," ungkap Dini.

Obat-obat yang ditemukan dan diklaim dapat digunakan untuk perawatan pasien Covid-19 harus memiliki ijin edar agar aman digunakan masyarakat.

Lalu, obat-obat yang diproduksi harus dilakukan oleh profesi yang berkompeten, memenuhi persyaratan tertentu dan kemudian mendapatkan ijin edar.

Halaman
12
Penulis: Lita febriani
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved