Breaking News:

Menjaga Keseimbangan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 wajib menjaga pola makan. Sebab, itu jadi cara terbaik menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.

Pixabay
Ilustrasi diabetes. 

TRIBUNNEWS.COM - Penderita diabetes tipe 2 wajib menjaga pola makan. Sebab, itu jadi cara terbaik menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.

Namun, tidak ada metode diet khusus yang bisa secara efektif mengelola gejala diebetes. Tubuh setiap orang berbeda-beda.

Itu sebabnya, pola makan yang diterapkan pun harus sesuai dengan cara kerja tubuh agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

Meski demikian, ada aturan khusus yang harus dipahami oleh penderita diabetes mengenai asupan harian untuk menjaga gula darah agar tertap stabil.

Berikut tips menjaga keseimbangan gula darah untuk penderita diabetes:

1. Ketahui nilai indeks glikemik pada makanan

Penderita diabetes harus mengetahui nilai indeks glikemik pada makanan yang akan dikonsumsinya.

Indeks glikemik adalah takaran nilai yang digunakan untuk mengukur seberapa cepat makanan tertentu dapat meningkatkan gula darah.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang tentunya sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Baca: Kandungan Gizi Jambu Biji, Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Contoh asupan makanan yang mengandung indeks glikemiks tinggi adalah gula rafinasi dan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti, dan pasta. Itu sebabnya, pastikan asupan karbohidrat yang akan dikonsumsi berasat dari biji-bijian utuh dan berserat tinggi.

Halaman
1234
Editor: Willem Jonata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved