Breaking News:

Sakit Asam Urat? Gunakan Rebusan Rimpang Temulawak dan Kunyit untuk Mengobati, Ini Resepnya

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun.

Alex Suban/Alex Suban
Rimpang temulawak dijual di Pasar Bersih Sentul City, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (18/3/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain jadi bahan membuat jamu, temulawak dipercaya mampu mengobati asam urat

Untuk sebagian orang pasti sudah tidak asing dengan penyakit asam urat. Maklum saja, asam urat jadi salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. 

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. 

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Baca: Air Rendaman Kumis Kucing Terbukti Mampu Redakan Gangguan Ginjal hingga Asam Urat

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Baca: Daftar Makanan Mengandung Purin Tinggi, Hati-hati Buat Penderita Asam Urat

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Mengutip dari buku berjudul 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan karya Yusuf CK Arianto, temulawak kaya akan kurkumin yang bermanfaat untuk menekan radang sendi dan mengurangi gejala asam urat

Inilah yang membuat temulawak baik dikonsumsi untuk para penderita asam urat. Namun, Anda tidak boleh asal mengonsumsi temulawak, sebab ada cara khusus mengolah temulawak agar efektif sebagai obat asam urat

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved