Breaking News:

Virus Corona

Fasilitas Mobile PCR Lab Standar Protokol WHO Agar Tes Covid-19 Lebih Cepat

Mobile PCR Lab memegang peranan penting dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Istimewa
Layanan fasilitas Mobile PCR Lab Standar Protokol WHO Agar Tes Covid-19 Lebih Cepat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini Mobile Polymerase Chain Reaction Lab atau lebih dikenal dengan Mobile PCR Lab, memegang peranan penting dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Keberadaan Mobile PCR Lab sangat penting, karena bisa lebih cepat membantu mendeteksi pasien yang terpapar Covid-19, sehingga keputusan semakin cepat juga untuk melakukan isolasi atau merawat pasien yang terpapar virus dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

"Pendeteksian dini terhadap penyebaran Covid-19 secara cepat, fleksibel dan mudah dijangkau oleh masyarakat, sangat mutlak dilakukan," kata Ryan Arvin, Corporate Secretary PT Pyridam Farma Tbk. dalam keterangan pers, Rabu (23/9/2020).

Baca: Hampir 2 Pekan Anies Terapkan PSBB Ketat, Angka Reproduksi Covid-19 di Jakarta Hanya Berkurang 0,04

Fakta ini mendorong Pyridam Farma menyediakan Mobile PCR Lab yang akan dioperasikan oleh Tirta Medical Centre yang telah memenuhi standar protokol kesehatan yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

Di dalam Mobile PCR Lab, kami sudah sediakan berbagai alat perlengkapan pengetesan virus, seperti mesin PCR dan pendukungnya, PCR reagent test kit dan bahan habis pakai serta APD.

"Rencananya, akan ada lebih dari 10 mobil PCR yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan PCR swab di Indonesia, 2 diantaranya sudah bisa dioperasikan oleh Tirta Medical Centre," katanya.

Penyediaan kendaraan ini wujud dukungan memutus rantai penyebaran Covid-19, selain memang aktivitas perusahaan yang menyediakan obat-obat modern dan tradisional penambah imunitas tubuh.

Baca: Tiga Kunci Pemerintah Kota Bogor Perangi Covid-19

Baca: Tak Dialami Pasien OTG, Kenali Gejala Happy Hypoxia, Jangan Tunggu Sesak Napas, Waspada Bibir Biru

“Mobile PCR Lab ini sudah menggunakan teknologi terbaru dengan memiliki kapasitas 1.000 tes perhari dan hasilnya akan keluar kurang lebih 2 jam setelah pemeriksaan," katanya.

Ilustrasi virus corona, gejala virus corona, gejala Covid-19, pasien virus corona
Ilustrasi virus corona, gejala virus corona, gejala Covid-19, pasien virus corona ((Shutterstock/Petovarga))

Dr. Fitriani Sukri, Direktur Tirta Medical Centre mengatakan bahwa kerja sama ini sudah sangat kami nantikan untuk lebih menunjang kami dalam melakukan pengetesan Covid-19.

Baca: Ini 7 Obat Tradisional untuk Atasi Batuk Pilek pada Anak

Melalui Mobile PCR Lab, kami yakin dapat lebih cepat dan lebih akurat dalam pendeteksian keberadaan virus dalam tubuh, baik itu yang memang sedang kondisi sakit tertentu.

"Seperti mempunyai gejala Covid-19, atau sama sekali tidak mempunyai gejala Covid-19, yang lebih dikenal dengan istilah OTG (Orang Tanpa Gejala) atau asimptomatik," kata kata Fitriani Sukri.

Mobile PCR Lab dimaksudkan agar pemeriksanaan akan lebih fleksibel, tidak bercampur dengan pemeriksan penyakit lain, memiliki aksebilitas yang tinggi dan mendapatkan hasil pemeriksaan dengan cepat serta proses penanganan pasien yang positif Covid-19.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved