Breaking News:

Kunyah Permen Karet Tidak Bisa Cegah Orang Berhenti Merokok

Rokok elektrik belakangan digadang sebagai alternatif bagi para perokok konvensional guna mencegah kebiasaan merokok.

Ist
Rokok elektronik Relx 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rokok elektrik belakangan digadang sebagai alternatif bagi para perokok konvensional guna mencegah kebiasaan merokok.

Sejauh mana anggapan itu benar, ada beberapa jawaban yang dapat ditemui dalam sejumlah penelitian.

Dalam 10 tahun terakhir, telah banyak diterbitkan penelitian terkait rokok elektrik alias vape di berbagai belahan dunia.

Berikut beberapa intisari penelitian yang perlu diketahui terkait rokok elektrik

 1. Rokok Elektrik Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Riset yang dilakukan oleh Group Department of Public Health di University of Otago di Selandia Baru menyebutkan, sebanyak 78 persen orang beranggapan bahwa mengonsumsi rokok elektrik otomatis akan membantu mereka berhenti dari rokok konvensional.

Peneliti utama Profesor Richard Edwards mengatakan bahwa antara tahun 2016 dan 2018, tingkat kesadaran dan penggunaan rokok elektrik meningkat di kalangan perokok. Sejak saat itu, mereka memutuskan untuk berhenti merokok secara konvensional.

Baca juga: Pengunjuk Rasa Anti UU Cipta Kerja Cium Tangan Anggota Marinir dan Minta Rokok

Penelitian ini merupakan bagian dari proyek evaluasi kebijakan pengendalian tembakau internasional Selandia Baru dan melibatkan survei terhadap 1.155 orang antara tahun 2016 dan 2017 dan 1.020 orang pada tahun 2018. Tinjauan Cochrane terhadap 50 penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2020 juga menunjukkan bahwa rokok elektrik lebih mungkin meningkatkan peluang keberhasilan berhenti merokok dibandingkan dengan permen karet atau koyo nikotin.

2. Risiko Rokok Elektrik Dibandingkan Rokok Konvensional

Sebuah studi yang dipresentasikan pada Konferensi Eropa 2011 tentang Tembakau atau Kesehatan menyatakan bahwa vape lebih aman daripada rokok konvensional.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved