Breaking News:

Cegah Kehamilan di Masa Pandemi? Pil KB Efektif dan Aman Loh

Kesehatan reproduksi menjadi hal yang sangat penting bagi kaum perempuan, terlebih di masa pandemi virus corona (Covid-19) seperti yang terjadi saat

THINKSTOCKPHOTOS
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kesehatan reproduksi menjadi hal yang sangat penting bagi kaum perempuan, terlebih di masa pandemi virus corona (Covid-19) seperti yang terjadi saat ini.

Memiliki anak bagi pasangan subur merupakan suatu anugerah karena dapat menghasilkan keturunan sebagai generasi penerus.

Namun jika organ reproduksi perempuan itu belum sempurna, akan ada kemungkinan menimbulkan risiko kematian saat momen melahirkan.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan perencanaan kehamilan (birth planning) bagi perempuan yang hendak menjadi ibu maupun mereka yang sebelumnya telah menjadi ibu, melalui penggunaan metode kontrasepsi modern.

Nah, yang menjadi kendala saat ini adalah pandemi Covid-19 membuat banyak perempuan merasa khawatir mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) seperti rumah sakit maupun klinik untuk memperoleh pelayanan KB, baik itu menggunakan suntik, Intrauterine Device (IUD) maupun implan.

Suntik KB merupakan kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon progestogen (progestin) yang serupa dengan progesteron.

Sedangkan IUD berbentuk seperti huruf 'T' dan memiliki ukuran sekitar 3 cm.

Alat kontrasepsi ini dipasang dalam rahim untuk menghentikan sperma dalam mencapai atau membuahi sel telur.

IUD disebut dapat mencegah kehamilan hingga sepuluh tahun.

Sementara KB Implan memiliki bentuk seperti tabung plastik elastis, ukurannya pun kecil dan mirip seperti batang korek api.

Halaman
1234
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved