Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Turut Prioritaskan Lansia, Pemerintah Beri Penjelasan

Program ini dimulai pada Februari 2021 dan ditargetkan selesai pada Mei mendatang.

SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI NAKES LANSIA - Vaksinator RS Husada Utama melakukan vaksinasi kepada nakes, Senin (8/2). RS Husada Utama mulai melakukan vaksinasi kepada nakes lansia dimana hari pertama diikuti 22 nakes lansia. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah memasukkan kelompok lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun dalam program vaksinasi tahap kedua.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan alasan mereka jadi prioritas.

"Sebelumnya pemerintah hanya memprioritaskan petugas pelayanan publik di tahapan vaksinasi kedua ini," ujar Maxi, dalam agenda virtual yang digelar Kementerian Kesehatan, Senin (15/2/2021).

Kemudian pemerintah akhirnya mempertimbangkan untuk turut memasukkan kelompok lansia, karena kondisi mereka yang lebih berisiko terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Segera Dimulai, Simak Pengalaman Dokter Senior Setelah Divaksin

Baca juga: Dinkes DKI Siap Vaksinasi Tahap II, Pedagang Hingga Ojek Online Jadi Sasaran Penerima

Selain itu, angka kematian para lansia ini setelah terpapar Covid-19 tergolong tinggi.

"Namun kami melihat bahwa kelompok masyarakat lansia sangat perlu diprioritaskan, melihat kondisi mereka yang rentan terpapar Covid-19 dan angka kematian mereka (setelah) terpapar pada usia lanjut ini cukup tinggi," jelas Maxi.

Maxi menambahkan, masuknya kelompok lansia sebagai prioritas pada program vaksinasi tahap kedua ini merupakan bagian dari strategi pemerintah dalam upaya menekan penyebaran virus.

"Hal ini juga merupakan bagian dari strategi bagaimana kita menurunkan laju penyebaran virus, mengurangi beban rumah sakit serta membantu tenaga kesehatan. Untuk itu pemerintah mempercepat vaksinasi bagi lansia dengan turut mengikutsertakan kelompok lansia dalam tahapan vaksinasi kedua," tegas Maxi.

Baca juga: Jokowi Keluarkan Perpres Hukuman Bagi Warga Tolak Vaksin, Ini Respons dan Langkah Ganjar

Terkait waktu pelaksanaannya, ia menyebut bahwa program ini dimulai pada Februari 2021 dan ditargetkan selesai pada Mei mendatang.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved