Breaking News:

Perlunya Uji Kuantitatif Serologi Paska-Vaksinasi Covid 19

Tujuannya untuk mengetahui dan melihat respon kekebalan tubuh seseorang atau antibodi dari seseorang yang telah mendapatkan suntik vaksin Covid-19

For Serambinews.com
Petugas kesehatan menarik vaksin Sinovac dari botol saat hendak melakukan vaksinasi di Gedung PCC Lampeudeu Baroh. 

TRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA - Seseorang yang telah divaksin covid-19, perlu melakukan test  atau uji Serologi Kuantitatif.

Dokter spesialis Patologi dari Siloam Hospitals Purwakarta, dr Adrian Suhendra SpPK mengatakan, uji serologi kuantitatif merupakan cara medis melalui pengambilan sampel darah yang berfungsi guna mengidentifikasi patogen di dalam tubuh manusia.

"Tujuannya untuk mengetahui dan melihat respon kekebalan tubuh seseorang atau antibodi dari seseorang yang telah mendapatkan suntik vaksin Covid-19," tutur Adrian melalui kegiatan diskusi kesehatan pada kanal live Instagram milik Siloam Hospitals Purwakarta, Sabtu (6/3/2021).

Adrian Suhendra menjelaskan uji kuantitatif serologi dilakukan pada laboratorium khusus Serologi yang bertujuan membaca hasil pemeriksaan secara kuantitatif.

Wujudnya adalah jumlah titer antibodi yang ada di dalam darah.

Baca juga: Dukung Program Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

"Uji tes ini berbeda dengan rapid tes serologi sebelumnya, metode kualitatif, yaitu menunjukkan apakah hasil tes reaktif atau non reaktif.

Intinya adalah metode serologi kuantitatif berfungsi untuk mengecek imun tubuh paska vaksinasi," ungkap Adrian.

Tes kuantitatif serologi menggunakan immunoassay untuk menentukan nilai kuantitatif titer antibodi terhadap protein Spike-Receptor Binding Domain (S-RBD) COVID-19 dalam darah manusia.

Metode ini akan membantu memberikan hasil nilai antibodi seseorang secara akurat sehingga pasien bisa mengetahui bagaimana respons imun tubuhnya terhadap COVID-19.

Bukan untuk skrining atau diagnosis

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved