Breaking News:

Manfaat Jahe

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Hangout Bareng Teman di Era New Normal, yang terakhir WAJIB!

Di masa adaptasi kebiasaan baru, ada beberapa hal yang harus dilakukan saat hangout bersama teman untuk meminimalisasi penyebaran infeksi virus.

BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi kumpul bersama teman saat pandemi. 

TRIBUNNEWS.COM - Untuk melepas penat setelah digempur aktivitas, menghabiskan waktu bersama teman-teman terdekat pasti sangat menyenangkan, terlebih jika sambil hangout ke suatu tempat.

Memang, waktu bercengkrama bersama para sahabat dekat sangatlah berharga. Tetapi, kamu harus tetap waspada dengan penularan infeksi virus Covid-19 yang terjadi di sirkel pertemanan. Bagaimanapun juga, kesehatan harus tetap nomor satu.

Di masa adaptasi kebiasaan baru, ada beberapa hal yang harus dilakukan saat hangout bersama teman untuk meminimalisasi penyebaran infeksi virus.  Berikut lima hal yang bisa kamu praktikkan saat kumpul bareng teman.

Berinisiatif lakukan testing mandiri

Seperti kata pepatah, lebih baik selamat ketimbang menyesal. Untuk itu, merogoh sedikit kocek untuk melakukan tes mandiri sebelum bertemu teman adalah keputusan yang bijak banget.

Melakukan tes Covid-19 mandiri dapat melindungi diri dan orang lain. Saat ini, Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) masih jadi golden standard buat mendeteksi kehadiran virus.

Atau, setidaknya kamu bisa melakukan tes skrining Covid-19 untuk deteksi dini, seperti melalui tes usap antigen. Jika hasilnya reaktif, urungkan diri untuk ngumpul bareng teman dan segera lakukan tes PCR atau hubungi petugas kesehatan untuk dapat penanganan lebih lanjut.

Hindari kontak fisik, tetap menjaga jarak

Ilustrasi jaga jarak saat keluar rumah

Meski sudah berteman dekat, tetap wajib hukumnya buat kamu dan teman-teman untuk menjaga kontak fisik. Simpan dulu jabat tangan maupun pelukan akrab untuk sementara waktu demi kesehatan.

Selain itu, penting juga untuk menjaga jarak aman saat ketemuan. Jika kalian bertemu di suatu tempat, patuhi aturan jaga jarak dengan baik dan benar. Kebiasaan tersebut harus dilakukan agar tidak saling terinfeksi atau menjadi carrier (pembawa virus) saat pulang ke rumah. 

Meski terasa sulit untuk dicoba, yuk biasakan menjaga jarak minimal satu hingga dua meter ketika lagi ngumpul bareng teman-teman, supaya kita sama-sama aman.

Masker harus on terus!

Masker dapat melindungi kamu agar tidak terinfeksi maupun menjadi penyebar virus. Oleh karena itu, selain menjaga jarak, masker harus selalu dipakai saat kamu lagi ketemuan bareng teman. 

Dalam memilih masker, kamu juga harus lebih selektif. Sebaiknya, pilihlah masker kain tiga lapisan atau masker model N95 yang lebih efektif melindungi dari paparan virus.

Atau, untuk menangkal penyebaran varian virus Corona baru, Centers for Disease Control (CDC) menyarankan lapisan pertama yang dipakai adalah masker medis sekali pakai, kemudian dirangkap dengan pemakaian masker kain.

Gunakan alat makan dan minum pribadi

Yang tak kalah penting adalah membawa alat makan dan minum sendiri saat bertemu dengan teman di rumah makan atau kafe. Usahakan juga untuk tidak berbagi peralatan makan dan minum.

Ada berbagai macam alat makan dan minum yang bisa kamu bawa sendiri seperti sendok, garpu, sumpit, dan sedotan berbahan stainless. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa lebih yakin alat makan dan minum yang digunakan lebih steril.

Menjaga imun tubuh

Selain memperketat protokol kesehatan, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa menjaga daya tahan tubuh selepas bertemu dengan teman atau orang lain. 

Ada berbagai macam minuman dan makanan yang dapat menjaga daya tahan tubuh, salah satunya yang berbahan dasar jahe. Mulai dari teh jahe, wedang jahe, jahe susu, hingga gingerbread cookies dan roti jahe.

Selain rutin mengonsumsi makanan dan minuman berbahan dasar jahe, yuk, lindungi diri dan orang-orang terdekat dengan tetap menjaga protokol kesehatan, khususnya ketika sedang berkumpul bersama teman-teman.

Jangan lupa makan yang seimbang, berolahraga, dan rutin konsumsi jahe untuk maksimalkan daya tahan tubuh!       

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Bardjan                    

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved