Breaking News:

Diabetes Perlu Dikendalikan, Bisa Sebabkan Komplikasi pada Jantung Hingga Otak

Penelitian tim penanggulangan Covid-19 di Indonesia, angka kematian pada pasien diabetes yang terinfeksi COVID-19 meningkat 8,3 kali lipat

capture zoom meeting
Webinar Daewoong Media Day bertajuk 'Pengobatan dan Pengendalian Diabetes yang Semakin Meningkat Pesat Di Era New Normal', Selasa (6/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di masa pandemi virus corona (Covid-19), angka prevalensi penderita penyakit diabetes mencapai 6,2 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut data dari International Diabetes Federation pada 2020, jumlah penderita diabetes tipe 2 terus mengalami peningkatan di berbagai negara.

Sedangkan Indonesia menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi.

Persentase serangan diabetes pun mencapai angka 18 juta pada tahun 2020.

Angka ini mengalami peningkatan sebesar 6,2 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim penanggulangan Covid-19 di Indonesia, angka kematian pada pasien diabetes yang terinfeksi COVID-19 meningkat 8,3 kali lipat dibandingkan dengan masyarakat yang tidak menderita diabetes.

Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi dan Depok Prof Dr Mardi Santoso mengatakan penyakit ini sangat berbahaya karena bisa memicu terjadinya komplikasi jika tidak dikendalikan melalui ubah gaya hidup.

Baca juga: Ini 5 Tips Berpuasa Lancar untuk Diabetesi

"Diabetes perlu dikendalikan dan diperhatikan secara rutin karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti komplikasi di organ penting tubuh, seperti mata, jantung, ginjal dan otak," ujar Prof Mardi, dalam webinar Daewoong Media Day bertajuk 'Pengobatan dan Pengendalian Diabetes yang Semakin Meningkat Pesat Di Era New Normal', Selasa (6/4/2021).

Ia kemudian menyebutkan risiko lainnya yang dapat ditimbulkan penyakit diabetes yang berpotensi membuat penderita harus kehilangan kakinya.

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved