Breaking News:

Pandemi Covid-19 Dikhawatirkan Menimbulkan KLB pada Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Imunisasi

Penyakit-penyakit itu bisa dicegah dengan vaksin HiB yang terdapat dalam vaksin pentavalen atau yang dikenal dengan pentabio.

Tribunnews/Jeprima
Petugas medis menyuntikkan vaksin kepada seorang balita yang mengikuti imunisasi di Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (26/11/2020). Imunisasi rutin lengkap merupakan program vaksin dasar yang diberikan kepada bayi kurang dari 24 jam hingga anak berusia 3 tahun dengan tujuan mempertahankan tingkat kekebalan optimal sekaligus mencegah terjadinya stunting pada anak. Tribunnew/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Ketua Humas dan Kesejahteraan Anggta Ikatan Dokter Anak Indonesia Hartono Gunardi mengatakan, sekitar 2 sampai 3 juta kematian anak di Indonesia bisa dicegah dengan imunisasi.

Di masa pandemi Covid-19 ini cakupan imunisasi menurun sehingga berpotensi meningkatkan kejadian luar biasa (KLB) penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Hal itu ia sampaikan pada Webinar Pekan Imunisasi Dunia, Sabtu (8/5/2021).

Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi antara lain kanker hati dengan vaksin Hepatitis B (HB), tuberkulosis dengan vaksin BCG, polio dengan vaksin Polio, campak rubella dengan vaksin MR, difteri, tetanus, dan pertusis dengan vaksin DTP.

Penyakit lainnya adalah Hemophilus Influenzae Tipe B (HiB).

Baca juga: Langkah Pencegahan Penularan Hepatitis B dari Ibu Hamil ke Bayinya

Penyakit ini menyebabkan radang kulit yang berat, kemudian menyebabkan infeksi di dalam darah yang disebut sepsis sehingga anak bisa mengalami sakit berat dan bisa meninggal.

Penyakit ini juga menyebabkan radang paru-paru atau pneumonia.

Penyakit-penyakit itu bisa dicegah dengan vaksin HiB yang terdapat dalam vaksin pentavalen atau yang dikenal dengan pentabio.

Hartono menjelaskan, potensi KLB karena Covid-19 bisa terjadi karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat kemudian orang tua khawatir terjangkit corona.

Halaman
123
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved