Breaking News:

Beda Nyeri Saat Menstruasi dengan Kondisi Endometriosis

Saat perempuan mengalami menstruasi, sering kali disertai rasa nyeri pada hari pertama maupun kedua. Yang perlu diwaspadai apabila ganggu aktivitas.

Ilustrasi menstruasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat perempuan mengalami menstruasi, sering kali disertai rasa nyeri pada hari pertama maupun kedua.

Yang perlu diwaspadai adalah jika rasa nyeri berlanjut hingga mengganggu aktivitas.

Karena ini bisa saja karena anda sedang menderita penyakit Endometriosis.

Lalu apa yang membedakan nyeri karena menstruasi dengan nyeri akibat Endometriosis ?

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Prof. Dr. dr. Budi Wiweko Sp.OG (K), MPH, mengatakan bahwa nyeri yang disebabkan penyakit ini dapat membuat perempuan yang mengalaminya merasakan nyeri sebelum hingga setelah masa menstruasi.

Sedangkan pada kondisi normal, menstruasi hanya menyebabkan rasa nyeri selama satu hingga dua hari.

Dokter Pendiri SMART IVF dan Wakil Direktur Indonesia Medical Education and Research Institute (IMERI) Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH, dalam webinar yang digelar Senin (14/6/2021).
Dokter Pendiri SMART IVF dan Wakil Direktur Indonesia Medical Education and Research Institute (IMERI) Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH, dalam webinar yang digelar Senin (14/6/2021). (Tangkapan layar)

"Tentu harus diingat bahwa setiap haid atau menstruasi itu, perempuan secara alami ataupun lumrah akan mengalami nyeri, hanya perbedaannya, kalau nyeri haid normal hanya terjadi satu hari saja atau paling lama dua hari," ujar Prof Budi, dalam webinar yang digelar Senin (14/6/2021).

Selain itu, Endometriosis dapat membuat penderita merasa tidak nyaman dalam beraktivitas karena rasa nyeri yang sangat hebat.

Baca juga: Sering Nyeri Saat Menstruasi? Anda Perlu Waspadai Penyakit Endometriosis

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved