Breaking News:

Kandungan Herbal Ini Diyakini Bisa Cegah Risiko Terpapar Covid-19

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Vito Damay, mengungkapkan, sekitar 30-40 persen pasien Covid-19 mengalami peningkatan d-dimer.

Tribun Jabar/GANI KURNIAWAN
Simulasi penanganan pasien Covid-19 di dalam Kabin Pasien Delta di Ruang Isolasi Covid-19 Pasar Andir Trade Center, Kota Bandung, Senin (1/8/2021). (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kombinasi kandungan Channa striata (ikan gabus) dan Curcuma xanthorrhiza (temulawak) diyakini mampu mencegah penularan virus Corona.

Selain itu dua kandungan itu disebut dapat mendukung pengobatan pasien terpapar covid-19, efektif dalam mengobati badai sitokin, dan menurunkan d-dimer pada pasien covid-19 yang kritis. 

D-dimer merupakan fragmen protein yang membantu proses pembekuan atau penggumpalan darah, kaitannya dengan pasien Covid-19 adalah terjadinya infeksi virus yang dapat memicu penggumpalan darah.

Baca juga: Kandungan Herbal Ini Disebut Bisa Turunkan D-dimer Pasien Covid-19 dan Lawan Badai Sitokin

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Vito Damay, mengungkapkan, sekitar 30-40 persen pasien Covid-19 mengalami peningkatan d-dimer.

"Akibatnya saturasi oksigen bisa menurun dan bahkan pasien bisa perburukan kondisi klinisnya dengan cepat hingga meninggal," ujar dokter Vito.

Baca juga: 3.448 Pasien Covid-19 Dievakuasi ke Wisma Atlet Menggunakan Bus Sekolah

Penggumpalan darah ini dapat menimbulkan resiko yang membahayakan jika d-dimer meningkat, diantaranya:

1. Peradangan sistemik berupa demam tinggi, denyut jantung dan laju pernapasan cepat. Hal ini yang menjadi keluhan sesak pasien Covid-19 terjadi, serta jumlah sel darah putih yang abnormal.

Baca juga: Vaksin Etana Asal Indonesia Sudah Masuk Uji Fase Ketiga

2. Terjadi badai sitokin, yakni pelepasan protein sitokin yang terlalu berlebihan sehingga merusak sistem imun.

Badai sitokin mendapat perhatian lebih pada pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh negara di dunia.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved