Ajak Masyarakat Jadi Penggerak dalam Mengedukasi Sesama Terkait Isu Kesehatan dan Lingkungan

Program yang melibatkan konten kreator tidak hanya dapat membangun sebuah komunitas baru tapi juga ikut meningkatkan literasi digital masyarakat

Penulis: Eko Sutriyanto
ist
Danone Indonesia bekerjasama dengan KG Media kembali hadir dalam program Danone Digital Academy (DDA) 2021 yang mengusung tema Langkahku Wujudkan Lingkungan dan  Hidup yang Lebih Sehat secara daring mulai 18-27 Oktober 2021 secara daring. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masalah lingkungan dan pemenuhan kebutuhan nutrisi  memberikan kontribusi terbesar terhadap timbulnya masalah kesehatan masyarakat.

Contoh terdekat ialah pada isu permasalahan sampah plastik dimana Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia hingga permasalahan stunting dan malnutrisi yang masih dialami oleh anak di Indonesia.

Disisi lain, di era digitalisasi saat ini, memungkinkan perkembangan informasi secara cepat sehingga membuka peluang masyarakat untuk belajar termasuk memahami akan isu kesehatan dan lingkungan melalui kanal blog, video hingga media sosial yang semakin banyak digunakan sebagai platform yang berfokus pada kesehatan khususnya di era pandemi ini.

Berbagai fakta ini mendorong Danone Indonesia menghadirkan program program Danone Digital Academy untuk mengajak masyarakat menjadi penggerak dalam mengedukasi sesama akan isu kesehatan dan lingkungan.

Untuk menjalankan program ini, Danone mengandeng KG Media. 

Baca juga: Kemenko Marves dan Danone-Aqua Resmikan TPST Terpadu di Jimbaran Bali

Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membawa kesehatan kesebanyak mungkin orang melalui produk maupun inisiatifnya termasuk dalam hal edukasi masyarakat seputar isu kesehatan dan lingkungan.

"Danone Digital Academy 2021 menghadirkan modul pembelajaran yang bersifat soft skill yakni peningkatan kemampuan peserta akan pembuatan konten di digital, hingga modul yang bersifat hard skill yakni peningkatan pengetahuan peserta akan isu kesehatan dan lingkungan," katanya.

Nurullah selaku COO Kompasiana mengatakan, selama program peserta Danone Digital Academy 2021 dibimbing dan didampingi oleh mentor-mentor yang kompeten.

Selain itu, konsep diskusi yang dipadukan dengan games interaktif membuat suasana semakin menyenangkan termasuk saat pengerjaan tugas harian yang terlihat jelas kekompakan antarpeserta.

Baca juga: Agar Tak Terdisrupsi, Media Konvensional Harus Menyesuaikan Jenis Konten di Media Sosial

"Apa yang dilakukan Danone Indonesia bersama Kompasiana melalui program ini dengan melibatkan para kreator konten tidak hanya dapat membangun sebuah komunitas baru yang bisa bersinergi demi tercapainya hasil yang baik bagi lingkungan sekitar, tetapi juga ikut meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia terhadap isu kesehatan dan lingkungan,” katanya.

Sebanyak 50 peserta yang dipilih dari 1000 pendaftar diajak untuk menjadi content creator yang memiliki kemampuan inisiator, kreator, dan katalisator di lingkungan atau masyarakat sekitar.

Tahun ini merupakan Ini merupakan tahun ke-5 Danone Digital Academy terselenggara yang diawali sejak tahun 2017 dan sudah memiliki alumni sebanyak 4 angkatan yang di dalamnya terdapat content creator (Bloggers & Vloggers).

"Tema kesehatan dan lingkungan yang diusung dilatar belakangi akan konteks bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan antara makhluk hidup & non-hidup meliputi berbagai unsur lingkungan serta manfaatnya, termasuk interaksi seluruh spesies dan sumber daya alam," kata Narullah.

Dalam proses akhir rangkaian Danone Digital Academy, terdapat 2 kategori pemenang yang dipilih untuk menjadi juara 1, 2, dan 3 serta juara favorit yang dipilih berdasarkan karya akhir yang dinilai secara ketat oleh dewan juri yakni para pakar dibidangnya.

Adapun daftar pemenang diantaranya Kategori Blogger,  Juara 1: Farida Danasworo Putri – Ibu Hamil Sering Kram? Yuk Cek Asupan Minumnya!, Juara 2: Teguh Nugroho – Sedotan Plastik, Sampah Kecil yang Membunuh Bumi; juara 3 Kurnia Amelia Subarkah – Budidaya Manggot Solusi Masalah Sampah Organik dan Meningkatkan Finansial, sementara pemenang pemenang Favorit: Denny Huang – Gambut untuk Kebaikan Bumi

Untuk kategori Vlogger, juara 1: Muhammad Bagas Alvi – Apakah Stunting Dapat Diatasi dan Diperbaiki? ;  Juara 2: Muhammad Rafif Wafi – Sampah Belanja Online; Juara 3: Hendy Prabowo Utomo – Bijak Berplastik Lewat Sekolah Sayang Sampah dan pemenang Favorit: Danan Wahyu Sumirat – Menebar Energi Baik di Hutan Mangrove

 “Melalui program ini, Danone Indonesia berharap dapat menciptakan digital creator yang dapat membuat konten-konten positif yang sesusi dengan tren saat ini dan juga meningkatkan kesadaran bahwa Kesehatan masyarakat berkaitan erat dengan Kesehatan planet," kata  Arif.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved