Breaking News:

Pahit tapi Berkhasiat, Ini Manfaat Sambiloto yang Belum Anda Ketahui!

Sejak pandemi berlangsung, sambiloto juga kerap dijadikan tanaman herbal alternatif untuk membantu memelihara daya tahan tubuh.

Commons Wikimedia
Sambiloto. 

TRIBUNNEWS.COM - Anda tentu pernah mendengar tentang tanaman sambiloto yang kerap dijadikan obat herbal tradisional. Anda pun tahu bahwa bagian daunnya dikenal memiliki rasa yang pahit.

Tapi, tahukah Anda? Di balik rasanya yang pahit, tanaman dengan nama latin paniculata ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, lho!

Sejak pandemi berlangsung, sambiloto juga kerap dijadikan tanaman herbal alternatif untuk membantu memelihara daya tahan tubuh.

Melansir Hello Sehat, sambiloto sudah lama dikenal berkhasiat menjaga daya tahan tubuh. Ini karena sambiloto mengandung senyawa andrographolide yang berfungsi sebagai imunomodulator yang merangsang sel-sel imun sekaligus agen antiradang dan antivirus.

Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, berikut khasiat lain dari sambiloto yang belum diketahui banyak orang.

Mengontrol gula darah

Dikutip dari Kompas.com, penelitian membuktikan sambiloto bisa menurunkan dan menjaga kadar gula darah. Selain itu, sambiloto disebut bisa mengoptimalkan kerja obat penurun kadar gula darah, yaitu metformin, sehingga bermanfaat untuk penderita diabetes tipe

Meredakan gejala flu

Di beberapa negara, sambiloto kerap digunakan untuk meredakan gejala infeksi virus.

Melansir Alodokter, beberapa riset menunjukkan sambiloto bermanfaat untuk mengurangi gejala flu, seperti batuk pilek, demam, dan nyeri tenggorokan. Ini karena senyawa andrographolide dalam sambiloto memiliki agen antiradang, antibakteri, dan antivirus.

Mengontrol tekanan darah

Mengutip artikel di situs Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bertajuk “Berbagai Manfaat Sambiloto Andrographis paniculata (Burm.f) Ness”, larutan infus dari 6-7 lembar daun sambiloto efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

Alodokter pun menyebutkan bahwa tanaman sambiloto dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga melancarkan aliran darah dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Agen antikanker

Dikutip Tribun Jabar dari laman resmi ipb.ac.id, Prof Dr drh Umi Cahyaningsih, MS, Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB University menjelaskan, senyawa andrographolide juga memiliki efek antikanker yang baik untuk berbagai macam jenis kanker, seperti usus besar, epidermoid, lambung, serviks, liver, leukemia, myeloma, dan kanker prostat.

Selain senyawa andrographolide, sambiloto juga mengandung senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan untuk menghambat proses oksidasi yang dipicu oleh radikal bebas.

Untuk mendapatkan khasiat sambiloto dengan mudah, kini telah hadir Sido Muncul Sambiloto yang mengandung 100% ekstrak daun sambiloto (Andrographis paniculata) di tiap kapsulnya.

Sido Muncul Sambiloto.
Sido Muncul Sambiloto. (Sido Muncul)

Sido Muncul Sambiloto dibuat dari daun sambiloto berkualitas yang telah memenuhi standar bahan baku yang baik. Dikemas menggunakan vegetable capsules sehingga dapat dikonsumsi semua kalangan termasuk vegetarian.

Untuk menjamin kualitas produk, proses produksi dilakukan di pabrik modern dan higienis berstandar GMP, serta telah melalui uji laboratorium bersertifikasi ISO. Sido Muncul Sambiloto juga sudah dinyatakan halal oleh MUI. 

Tahapan ekstraksi Sido Muncul Sambiloto dilakukan dengan suhu rendah di bawah 60 °C. Dengan begitu, khasiat dari senyawa andrographolide yang dimiliki daun sambiloto dapat terjaga. Terlebih, melansir jurnal Natural Small Molecule Drugs from Plants (2018), selain berfungsi sebagai imunomodulator untuk menjaga daya tahan tubuh, senyawa andrographolide juga memiliki efek antikanker, antiradang, antibakteri, hingga antivirus.

Untuk membantu memelihara kesehatan dan juga menjaga daya tahan tubuh, Anda bisa mengonsumsi Sido Muncul Sambiloto 1 kali sehari 1 kapsul.

Dapatkan Sido Muncul Sambiloto di Watsons, Boots, Century, AEON Supermarket, apotek, toko obat, atau membelinya secara daring di www.sidomunculstore.com. Agar lebih mudah, Anda juga bisa mendapatkannya di Official Store di marketplace Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada dan JD.id.

Admin: Sponsored Content
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved