Usia Berapa Seseorang Disarankan Konsumsi Suplemen Kolagen? Berikut Penjelasan Ahli Nutrisi

Nutritionist and Health Expert dr. Yohan Samudra, Sp.GK jelaskan mulai usia berapa seseorang disarankan konsumsi suplemen kolagen.

VIP Collagen
Minuman yang mengandung kolagen - Ahli Nutrisi jelaskan usia seseorang yang disarankan konsumsi suplemen kolagen. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini, banyak bermunculan produk mengandung kolagen yang hadir dalam berbagai bentuk sajian.

Namun, ibu hamil dan anak di bawah usia lima tahun tidak disarankan untuk mengonsumsi kolagen. Lantas, saat di usia seseorang mulai mengonsumsi suplemen kolagen?

Kolagen sendiri memiliki peran besar di dalam tubuh. Di antaranya membantu membentuk struktur kulit, tulang, tulang rawan dan sebagainya.

Tubuh sebenarnya membuat kolagen sendiri secara alami, tetapi produksinya mulai menurun seiring bertambahnya usia.

Menurut Nutritionist and Health Expert dr. Yohan Samudra, Sp.GK, suplemen kolagen sendiri disarankan untuk dikonsumsi Saat mulai berusia remaja.

Baca juga: Ketahui Lima Penyebab Faktor Penurunan Kolagen di Dalam Tubuh

"Jadi kolagen itu maksimal ada di tubuh kita top kadarnya di usia 20-an sampai 30-an. Pada wanita hal ini berkaitan dengan zat estrogen tadi."

"Sehingga bagus sekali mulai peduli dengan kesehatan kulit dan mengonsumsi suplementasi kolagen untuk meningkatkan tabungan kita," ungkapnya saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Apa lagi setelah usia 30 tahun banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan kolagen.

Misalnya kerap alami stres, aktivitas yang mulai meningkat hingga sibuk begadang. Belum lagi terjadi penurunan hormon estrogen.

"Maka kolagen akan turun dan disertai penurunan hormon estrogen. Karena setiap usia 30 tahun ke atas berkurang sekitar 1 persen setiap tahun. Sehingga lebih baik sekali dari remaja, silakan konsumsi kolagen,"pungkasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved