Tips Pencernaan Sehat

Ini 6 Manfaat Serat yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Berikut beberapa manfaat serat yang tak boleh dilewatkan demi menjaga kesehatan tubuh sehingga penting untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

BizzInsight
Penulis: BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi makanan kaya serat. 

TRIBUNNEWS.COM - Serat merupakan zat gizi yang memiliki peranan penting bagi kesehatan sistem pencernaan manusia.

Pasalnya, serat merupakan jenis karbohidrat kompleks yang tidak dapat dipecah molekul gula sehingga akan melewati bagian usus halus kemudian mencapai usus besar dan dikeluarkan tubuh berupa feses.

Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi makanan berserat agar sistem pencernaan tetap sehat. Dilansir dari Mayo Clinic, tubuh memerlukan serat sebanyak 21 hingga 25 gram untuk perempuan, dan 30 hingga 38 gram untuk laki-laki.

Berikut beberapa manfaat serat yang tak boleh dilewatkan demi menjaga kesehatan tubuh sehingga penting untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

1) Melancarkan pencernaan

Manfaat serat untuk melancarkan pencernaan sudah menjadi rahasia umum yang diketahui masyarakat. Hal ini dikarenakan serat bisa menyerap air ke dalam usus besar sehingga feses yang dihasilkan menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan.

Maka dari itu, pastikan kamu memenuhi kebutuhan serat harian sehingga pencernaan lancar dan bebas sembelit!

2) Membantu tubuh menyerap nutrisi lebih optimal

Kandungan serat membantu tubuh dalam menyerap nutrisi dengan lebih optimal. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, nutrisi-nutrisi yang jumlahnya sedikit seperti kalsium yang jumlahnya sedikit namun menjadi zat gizi penting yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi.

3) Menurunkan kadar kolesterol

Serat memiliki manfaat untuk menurunkan penyerapan kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dalam tubuh. Serat larut bekerja dengan cara mengikat asam empedu dan komponen kolesterol yang ada di dalam tubuh sebelum akhirnya dikeluarkan melalui feses.

Setiap mengonsumsi 2 sampai 10 gram serat larut per hari, angka penurunan kolesterol total bisa mencapai 1,7 mg/dL, sedangkan kadar kolesterol jahat (LDL) bisa menurun hingga 2,2 mg/dL.

Maka dari itu, dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, kadar kolesterol jahat dalam tubuh lebih terkontrol dan terhindar dari risiko penyakit yang berkaitan dengan kolesterol seperti stroke dan penyakit jantung.

4) Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, serat memiliki kemampuan untuk menyerap kelebihan kolesterol jahat yang menjadi risiko penyakit jantung dan mengangkutnya keluar tubuh sebelum menyumbat arteri.

Selain itu, menurut penelitian yang dipublikasikan di The BMJ, setiap 7 gram serat yang dimakan setiap hari berkontribusi dalam menurunkan risiko penyakit jantung hingga 9 persen.

5) Menjaga berat badan ideal

Menariknya, kamu bisa menjaga berat badan dengan mengonsumsi asupan serat harian yang cukup, lho! Hal ini dikarenakan serat mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu kamu bisa mencegah makan secara berlebihan serta terhindar dari kelebihan asupan kalori baik dari makanan maupun minuman sehingga berat badan ideal pun tetap terjaga.

6) Mencegah risiko penyakit kanker usus

Mengingat banyaknya manfaat serat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama sistem pencernaan, pastikan kamu untuk mengonsumsi makanan berserat setiap harinya, ya!

Terdapat beragam asupan makanan berserat tinggi yang bisa kamu konsumsi setiap harinya, diantaranya yaitu buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian utuh seperti gandum dan sereal. Disamping itu, ada cara yang lebih praktis untuk memenuhi serat harian dengan mengonsumsi Vegeta Scrubber minuman sari air jeruk dengan multi macam serat dan prebiotik untuk membantu memenuhi kebutuhan serat setiap hari dan membantu melancarkan pencernaan.

Vegeta SCRUBBER merupakan suplemen serat  terbuat dari tumbuhan-tumbuhan alami pilihan terbuat dari tumbuhan-tumbuhan alami pilihan Plantago Ovata dan akar Chicory yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Plantago Ovata merupakan suplemen serat yang sudah diakui oleh FDA. Sementara, Serat Inulin Chicori dikenal sebagai zat prebiotik, yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan menekan bakteri jahat penyebab diare. 

Mengonsumsi Vegeta Scrubber dapat bermanfaat untuk membantu melancarkan buang air besar, mencegah wasir, membantu diet dengan cara mengikat lemak dari makanan, membantu menurunkan kolesterol.

Suplemen serat yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan mudah dengan di sini.

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Bardjan

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved