Ragam Manfaat Daun Holy Basil, Sejak Lama Digunakan untuk Pengobatan Ayurveda

Daun ruku-ruku yang juga sering dikenal dengan nama Tulsi ini, dipercaya mampu mengoptimalkan sistem respon imun, mempengaruhi sel imun spesifik

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Istimewa
Dokter Eric Daniel Tenda, dokter spesialis penyakit dalam intervention pulmonologist di acara peluncuran suplemen makanan Nutrilite I-Defense oleh Amway Indonesia di Jakarta, Selasa (13/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Daun ruku-ruku atau biasa dikenal dengan nama holy basil memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk pengobatan dan menjaga imun badan. 

Itu sebabnya, daun kuru-kuru yang bentuknya mirip dengan daun kemangi ini sudah sejak lama digunakan dalam teknik pengobatan ayurveda di India.

Dokter Eric Daniel Tenda, dokter spesialis penyakit dalam intervention pulmonologist mengatakan, daun kuru-kuru berfungsi sebagai immunomodulator.

Daun ruku-ruku yang juga sering dikenal dengan nama Tulsi ini, dipercaya mampu mengoptimalkan sistem respon imun, mempengaruhi sel imun spesifik, mendorong imunitas seluler; berkomunikasi dengan sel-T, dan mengarahkan sel-sel pembunuh alami (sel NK) serta meningkatkan aktivitas mereka ketika tiba saatnya secara langsung membunuh sel-sel yang terinfeksi.

"Daun kuru-kuru juga mampu menyeimbangkan produksi antibodi dan mengaktifkan mekanisme pertahanan alami tubuh, atau yang disebut dengan immunitas bawaan,” ujarnya di acara peluncuran suplemen makanan Nutrilite I-Defense oleh Amway Indonesia di Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Agnes Widyasari, nutrition & wellness training specalist mengatakan, Holy basil sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan di India.

Baca juga: Ratu Elizabeth berada di bawah supervisi medis di Balmoral, Skolandia

"Hasil riset, holy basil bermanfaat sebagai imuno regulator atau cara kerja pada sistem imun di tubuh serta berperan sebagai anti stres," ujarnya.

Selain itu, holy basil juga mengatur kadar gula darah dan kadar lemak darah, mencegah stres oksidatif serta menjaga sistem pernafasan.

"Untuk penderita asma, Holy basil mampu memberikan respon lebih bagus jika patogen tersebut masuk ke tubuh," jelasnya.

Paparan dokter Eric Daniel Tenda
Paparan dokter Eric Daniel Tenda, dokter spesialis penyakit dalam intervention pulmonologist tentang pentingnya zat gizi bagi sistem imun dan pernapasan di acara peluncuran suplemen makanan Nutrilite I-Defense oleh Amway Indonesia di Jakarta, Selasa (13/9/2022).
Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved