Manfaat Asam Amino untuk Olahragawan, Memperbaiki Jaringan Otot dan Produsen Energi

Asam amino menjadi  senyawa penting bagi manusia sangat penting untuk mendukung performa olahraga dan mencegah cedera.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
Pixabay.com
Ilustrasi olahraga lari. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Asam amino merupakan senyawa organik penyusun zat gizi protein yang memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, terutama untuk aktivitas olahraga. 

Asam amino menjadi  senyawa penting bagi manusia sangat penting untuk mendukung performa olahraga dan mencegah cedera.

Secara garis besar asam amino dibedakan menjadi dua jenis yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial.

Dilansir dari Biology LibreTexts, asam amino esensial sangat bervariasi dari satu organisme ke organisme lainnya.

Namun, manusia memiliki sembilan jenis asam asam amino esensial yang diperlukan manusia yakni Lisin,  Valin,  Leusin,  Treonin,  Histidin,  Triptofan,  Metionin Isoleusin dan Fenilalanin.

Asam amino esensial memiliki beberapa fungsi seperti membantu memperbaiki jaringan otot, dan berfungsi menjadi produsen energi bagi tubuh.

Beberapa fungsi itu tentu saja sangat diperlukan untuk meningkatkan performa olahraga dan mengurangi nyeri otot saat berolahraga

Sakinah, Nutrisionis PT Ajinomoto mengatakan, seumpamakan protein itu adalah rumah, dan asam amino ini adalah batu bata, atau unit terkecil yang menyusun rumah (protein) tersebut.
"Dari 9 asam amino esensial, terdapat Leusin, Isoleusin, dan Valin (BCAA) yang memiliki peranan sangat penting untuk mendukung performa olahraga," katanya dalam webinar bersama Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) belum lama ini.

Nah BCAA ini dibutuhkan untuk meningkatkan masa otot, sehingga proses sintesis protein menjadi maksimal.

"Selain itu BCAA ini juga berfungsi untuk mengurangi kelelahan otot dan juga mempercepat proses pemulihan otot,” lanjutnya.

Berdasarkan studi yang telah dilakukan sebelumnya, suplementasi BCAA ini dapat membantu meningkatkan perfoma pada atlet yang sedang melakukan latihan endurance sebanyak 20 persen dan memperpanjang durasi olahraga hingga 17 persen jika suplementasi BCAA diberikan 1 jam sebelum aktivitas olahraga.

Selain asam amino esensial, lebih luas ternyata gizi memiliki peranan penting dalam mendukung performa olahraga.

Melalui program Winning Meals Kachimeshi, Ajinomoto mendukung para atlet dan pegiat olahraga melalui perencanaan menu bergizi, dan pemberian bimbingan gizi terkontrol sesuai kebutuhan latihan harian.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved