Kemenkop-UKM Tekankan Pentingnya Media Massa untuk Perbaiki Citra Koperasi

Leo akan merombak gedung Smesco Indonesia supaya ramah untuk produk-produk koperasi dan UKM, dengan tema SPARC Program.

Kemenkop-UKM Tekankan Pentingnya Media Massa untuk Perbaiki Citra Koperasi
ISTIMEWA
Staf Khusus Menteri Koperasi Fiki Satari 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Kementerian Koperasi dan UKM menekankan pentingnya peran media massa untuk membantu memperbaiki citra dan persepsi publik yang lebih baik terkait koperasi sebagai badan usaha yang diamanatkan sebagai sokoguru perekonomian bangsa.

Hal ini diungkapkan oleh Staf Khusus Menteri Koperasi Fiki Satari saat acara Orientasi Jurnalis KUKM tahun 2020 dengan tema "Koperasi dan UMKM Penyelamat Ekonomi Indonesia" di auditorium Kemenkop dan UKM, Jumat (13/3/2020).

Ia mengatakan citra dan persepsi publik terkait koperasi harus diperbaiki menjadi lebih baik. Apalagi saat ini, sudah ada koperasi Indonesia dengan omzet besar yang memberikan kontribusi penting bagi perekonomian rakyat.

Baca: WHO: Eropa Jadi Episentrum Pandemi Virus Corona

“Saat ini misalnya ada dua koperasi yang sudah IPO sejak 2003 melalui obligasi dari bisnisnya dan ada asosiasi koperasi besar dengan 35 anggota yang memiliki omzet sangat besar,” kata Fiki.

Hal itu menjadi bukti bahwa sejatinya koperasi bisa mendapatkan kepercayaan publik sebagaimana badan usaha lain.

Baca: Imbas Corona, Penutupan Pameran Asian Agriculture and Food Forum 2020 di JCC Dipercepat

“Kita ingin model untuk mendapatkan dana dari publik melalui bursa saham ini bisa diikuti oleh koperasi yang lain. Target,minimal 5 koperasi yang kita dampingi, kita identifikasi, cek kesehatan keuangannya dan persiapan yang lain sehingga ada trust yang lebih bukan hanya koperasi IPO tapi persepsi publik berkenaan dengan koperasi semakin baik,” katanya.

Ia menilai pentingnya peran media massa untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap koperasi. Media massa misalnya menjadi instrumen yang efektif untuk menyosialisasikan program Kementerian Koperasi dan UKM kepada masyarakat.

Fiki Santari mengatakan, media adalah salah satu bentuk pengembangan ekonomi melalui koperasi dan UMKM. "Melalui media bisa dinarasikan berita-berita baik sehingga akan memunculkan kreativitas serta akan menimbulkan inspirasi buat Koperasi dan UKM untuk berkembang," ujarnya.

Plt Deputi bidang Pembiayaan Hanung Harimba Rachman juga mengatakan karena jumlah UMKM sangat besar maka Kemenkop dan UKM perlu bekerja sama dengan para jurnalis untuk memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya kepada masyarakat.

"Diharapkan dapat memberikan kesamaan pandangan tentang Koperasi dan UKM, sehingga masyarakat informasinya lengkap," katanya.

Halaman
12
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved