Kecantikan

Tips Agar Tidak Gatal-gatal Setelah Cabut Bulu-bulu Halus

Ini tips mencegah gatal setelah cabut bulu-bulu halus di kaki alias waxing.

Tips Agar Tidak Gatal-gatal Setelah Cabut Bulu-bulu Halus

TRIBUNNNEWS.COM - Para wanita tentu ingin tampil cantik dan bersih tanpa adanya bulu pada anggota tubuh yang mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, banyak cara yang ditempuh untuk menghilangkan bulu, seperti cukur manual, cabut bulu atau waxing, hingga dengan teknologi laser yang canggih dan mutakhir.

Akan tetapi, terkadang muncul rasa gatal sesudah melakukan penghilangan bulu ini, khususnya setelah melakukan bikini wax pada area kewanitaan. Seringkali, rasa gatal tersebut susah untuk hilang. Nah, apa yang sebaiknya dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal yang menggganggu aktivitas tersebut?

Menurut Roshini Rajapaksa MD, asisten profesor kedokteran di NYU School of Medicine, Amerika Serikat, rasa gatal dan timbulnya rona kemerahan setelah melakukan penghilangan bulu memang kerap terjadi. Beberapa aktivitas dan kebiasaan yang Anda lakukan pun dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang bertambah parah.

"Hal tersebut dapat terjadi karena area tersebut kehilangan lapisan bulu yang melindunginya, area tersebut dapat mengalami iritasi karena gesekan dengan pakaian yang dikenakan. Untuk mengurangi gangguan ini, gunakan busana yang longgar dan pakaian dalam dengan bahan halus agar membuat kulit bernapas dengan baik. Cobalah juga untuk tidak menyentuh area yang gatal itu selama kira-kira sehari," ujar Rajapaksa.

Selain itu, karena proses penghilangan bulu cenderung hingga ke akarnya, maka folikel akan terbuka yang membuat kulit akan semakin rentan akan infeksi yang dinamakan folliculitis. Folikel adalah semacam lubang pada kulit tempat tumbuhnya bulu dan rambut. Bila kondisi ini terjadi, ungkap Rajapaksa, maka kulit akan menjadi kemerahan hingga muncul bintil atau jerawat yang pastinya mengganggu penampilan Anda.

Untuk mencegah gangguan ini terjadi, Rajapaksa menyarankan Anda untuk mengaplikasikan krim pencegah iritasi pada area yang gatal atau saat muncul jerawat setidaknya dua kali sehari. Selain itu, setelah Anda kembali mencabut bulu, hindari kegiatan seperti berenang atau mandi air hangat selama setidaknya 24 jam.

"Berenang dan mandi air hangat menyebabkan pori-pori tetap terbuka. Anda juga bisa mengompres area yang gatal dengan cairan toner bebas alkohol untuk membasmi bakteri," tutur Rajapaksa.

Ia menjelaskan, rasa gatal hingga timbulnya iritasi bisa juga terjadi lantaran kulit Anda alergi dengan alat yang digunakan untuk mencabut bulu. Jika memang alergi, biasanya rasa gatal yang luar biasa hingga munculnya jerawat akan terjadi sehari setelahnya. "Saran saya, lain kali mintalah kepada staf klinik estetika Anda untuk menggunakan bahan wax yang berbeda untuk mengetahui apakah cara ini efektif," imbuhnya.

Tags
waxing
Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved