Tinggal Bersama Keluarga Lebih Sehat, Hemat, dan Bahagia

Selain lebih hemat, Anda juga tak akan dengan mudah menghambur-hamburkan makanan yang berarti membuang uang juga.

Tinggal Bersama Keluarga Lebih Sehat, Hemat, dan Bahagia
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - “Kini, lebih banyak orang, terutama di AS yang memutuskan untuk keluar dari rumah keluarga dan hidup sendirian ketimbang tahun-tahun sebelumnya,” kata Katie Kiely, juru bicara National Resources Defense Council.

Namun, bila Anda menginginkan lingkungan yang lebih sehat, beberapa alasan sehat berikut ini bisa membuat Anda mempertimbangkan kembali untuk tinggal bersama keluarga.

Mengolah bahan makanan yang lebih sehat
Menurut laporan penelitian Institute of Food, saat seseorang tinggal sendiri, ia cenderung memilih bahan makanan yang buruk untuk diolah dan dimakan.

Sedang saat tinggal bersama keluarga, ada kemungkinan yang lebih besar di mana anggota lain akan membantu Anda memilihkan bahan yang lebih segar seperti sayuran organik untuk diolah.

Berbagi kendaraan
Memiliki mobil sendiri tentu membuat mobilitas menjadi semakin mudah. Tetapi jika Anda ingin udara yang lebih bersih setiap hari, Anda bisa berbagi mobil dengan keluarga saat jalan di akhir pekan.

Sebuah studi mengungkap, satu orang dapat menyimpan sebanyak 2,2 kilogram gas buang CO2 setiap tahun dengan berbagi mobil atau mengambil angkutan umum yang ada.

Hemat energi
Penelitian menunjukkan, bahwa tinggal sendirian membuang gas dan listrik 50 persen lebih banyak ketimbang orang yang tinggal seatap dengan empat orang lainnya.

Data dari pasangan yang bercerai juga menunjukkan, setelah tinggal terpisah, mereka menggunakan gas dan listrik 61 persen lebih banyak.

Tentu, dengan adanya anggota keluarga lain, setidaknya ada mengingatkan Anda untuk mengurangi penggunaan AC sehingga lebih ramah lingkungan.

Lebih hemat uang
Menghemat pengeluaran mungkin menjadi alasan Anda memilih untuk mengonsumsi makanan cepat saji ketimbang membeli sayuran organik dengan harga yang sama namun perlu diolah.

Halaman
12
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved