Nikmatnya Nasi Bakar Kendil, Ini Cara Buatnya!l

Juru masak Restoran Taman Indah Sari, Hotel The Wujil Ungaran, Chef Sartoyo berbagi resep dan cara membuat hidangan nasi bakar kendil.

Nikmatnya Nasi Bakar Kendil, Ini Cara Buatnya!l
Tribun Jambi/Teguh Suprayitno
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Daniel Ari Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, UNGARAN - Juru masak Restoran Taman Indah Sari, Hotel The Wujil Ungaran, Chef Sartoyo berbagi resep dan cara membuat hidangan nasi bakar kendil.

Secara teknis, bahan dan cara pengolahan masakan tersebut singkat dan sederhana.

Setelah menyiapkan kendil tanah, bahan yang dibutuhkan adalah 150 nasi putih, 75 gram suwiran ayam, 30 mililiter santan, tiga gram chicken powder, selembar daun salam, satu buah cabai rawit, dan tiga gram daun kemangi.

Cara mengolahnya, panaskan kendil di atas bara api hingga mencapai suhu 90 derajat celcius. Saat memanaskan kendil, lapisi bagian dalam menggunakan daun pisang sesuai ukuran.

"Sekarang saya akan mengolah nasinya. Campur nasi dengan santan dan chicken powder. Aduk secara merata kemudian masukan olahan nasi ke dalam kendil yang sudah dipanaskan hingga suhu 90 derajat celcius," ucap Toyo, panggilannya.

Setelah setengah porsi nasi masuk dalam kendil, tahap selanjutnya adalah menaburi secara rata permukaan nasi dengan daun kemangi, salam, cabai dan suwiran ayam berbumbu.

Sebagai informasi, Toyo mengatakan suwiran ayam berbumbu bebas sesuai selera. Bisa bumbu rica-rica, bila ingin menciptakan cita rasa pedas.

"Akan lebih menarik kalau suwiran ayam menutup bagian atas permukaan nasi. Setelah itu, gunakan potongan daun pisang sesuai ukuran untuk menutup permukaan nasi dan suwiran ayam. Tutupi kendil secara rapat menggunakan alat penutup kendilnya," papar Toyo.

Setelah 10 hingga 20 menit akan tercium aroma kemangi, pertanda nasi bakar kendil siap disajikan. (*)

Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved