Breaking News:

Baca buku Sama Pentingnya dengan Olahraga dan Makan Sayur Setiap Hari, Apa Saja Manfaatnya?

Sama seperti Anda harus berolahraga atau makan sayuran setiap hari, Anda dapat memetik imbalan positif ketika Anda baca buku secara teratur.

Editor: Willem Jonata
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anak-anak membaca buku di Ruang Perpustakaan, RPTRA Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (4/4/2019). Untuk menumbuhkan generasi cerdas dan gemar membaca serta masyarakat sadar literasi, Dinas Perpustakaan dan Arsip DKI Jakarta bekerja sama dengan Jakarta Library menggelar gerakan Baca Jakarta untuk anak-anak usia 7 hingga 12 tahun yang berlangsung hingga 30 April mendatang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Baca buku merupakan hal baik yang sebaiknya rutin dilakukan.

Sama seperti Anda harus olahraga atau makan sayuran setiap hari, Anda dapat memetik imbalan positif ketika Anda baca buku secara teratur.

Berikut ini, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest, ada beberapa manfaat membaca yang luar biasa setiap hari.

Dapat meningkatkan IQ

Julukan kutu buku, mungkin membuat Anda beruntung. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kuat dalam membaca bisa menjadi orang dewasa yang lebih cerdas.

Baca: Ibu Rumah Tangga Rentan Dilanda Stres, Ini Tanda-tandanya

Sebuah penelitian selama satu dekade oleh Masyarakat Inggris untuk Penelitian dalam Perkembangan Anak menganalisis perkembangan kognitif hampir 2.000 set kembar identik, membandingkan mereka dengan keterampilan membaca dan skor tes mereka.

Baca: Olahraga Angkat Beban Efektif Kikis Lemak Jantung

Hasilnya menunjukkan bahwa si kembar dengan kemampuan membaca awal terbaik mendapat skor lebih tinggi pada tes kecerdasan saat remaja daripada saudara kandungnya yang kurang melek huruf.

Karena itu, Anda tidak pernah terlalu tua untuk mulai membaca salah satu dari 100 buku yang harus dibaca semua orang seumur hidup.

Tingkat stres bisa turun

Jika Anda merasa ingin menurunkan berat badan, novel mungkin bisa jadi obat yang terbaik.

Membaca selama 30 menit sama menenangkannya dengan melakukan yoga selama 30 menit, menurut sebuah studi tahun 2009.

Halaman
1234
Sumber: Intisari
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved