Arya Permana Ungkap Kunci Sukses Turunkan Berat Badan hingga 109 Kg

Bocah obesitas asal Karawang, Jawa Barat, Arya Permana (14) memamerkan tubuhnya yang telah kurus. Arya berhasil menurunkan berat badan hingga 109 kg

(Tribun Jabar/Gani Kurniawan)
Bocah SD asal Karawang yang sempat menderita obesitas, Arya Permana (13) menjalani latihan fisik dipandu instruktur fitnes Hilman (43) di Rai Fitness Bandung, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (17/6/2019). Latihan fisik dengan menggerakkan bagian lengan, bahu, tangan, kaki, dan perut itu menggunakan berbagai alat kebugaran yang tersedia di Rai Fitness Bandung yang dilakukan rutin setelah menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). Arya kini memiliki berat badan 87 kilogram, atau menyusut 105 kilogram, setelah sebelumnya memiliki berat badan 192 kilogram. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM - Bocah obesitas asal Karawang, Jawa Barat, Arya Permana (14) memamerkan tubuhnya yang telah kurus.

Arya berhasil menurunkan berat badan hingga 109 kilogram (kg) sejak menjalani sejumlah treatment khusus sejak tahun 2016.

Berbagi cerita, Arya mengaku proses pengurusan badan diawali dengan menjalani operasi pengecilan lambung di rumah sakit Omni Alam Sutera, Tangerang, Banten pada Juni 2017.

Arya mengatakan, dirinya bisa dioperasi karena diajak oleh salah satu wartawan Inggris.

"Dulu sih diajak sama salah satu wartawan dari Inggris. Diajak ke rumah sakit, di situ ketemu dokter dan disarankan untuk operasi," kata Arya saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (23/1/2020).

Kemudian, Arya juga mengungkapkan dibantu oleh binaragawan Ade Rai dalam proses pengurusan badannya itu sejak pertengahan tahun 2016.

Ade Rai disebut mengenalkannya pada sejumlah gerakan dan alat olahraga yang membantunya dalam menjadi kurus.

Tetapi, Arya mengatakan bahwa kunci dirinya berhasil kurus juga ada pada konsumsi makanan.

Arya mengaku mulai mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan minyak.

Halaman
12
Berita Populer
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved