Breaking News:

Cegah Hama Tikus

Meski Rajin Bersih-Bersih, Mengapa Tikus Masih Tetap Masuk Rumah?

Mengapa sih tikus masih saja bersarang di rumah meski sudah rajin bersih-bersih? Ada berbagai alasan mengapa tikus masuk ke rumah Anda.

BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi tikus di tempat cuci piring. 

TRIBUNNEWS.COM - Belakangan, Anda lebih sering menghabiskan waktu berkualitas di rumah. Mulai dari belajar, bekerja, berolahraga hingga bersenang-senang, dilakukan dari rumah.

Untuk itu, Anda perlu menjaga kebersihan rumah agar aktivitas lebih nyaman dan produktif. Namun, apa daya sudah rutin membersihkan rumah, tikus masih mengusik Anda dan keluarga, bahkan bersarang di rumah Anda!

Lantas, mengapa sih tikus masih saja bersarang di rumah meski sudah rajin bersih-bersih? Ada berbagai alasan mengapa tikus masuk ke rumah Anda.

Rumah jadi sumber makanan

Melansir situs Ehrlich Pest Control, tikus masuk ke rumah karena satu tujuan utama: memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Rumah Anda dapat menjadi tempat yang menyediakan sumber makanan bagi tikus. Pada dasarnya, tikus memakan apa saja yang juga dimakan manusia, mulai dari daging, buah, kue, produk susu, camilan, dan lain-lain.

Bahkan, menurut situs Rat Behavior, tikus dapat melakukan sensor keberadaan makanan di rumah Anda dengan kumisnya. Maka itu, Anda wajib menutup wadah makanan rapat-rapat dan memastikan laci dan lemari makanan terkunci rapat.

Anda juga perlu waspada ketika mengonsumsi makanan yang terlihat rusak atau tak utuh, karena bisa jadi sudah terkontaminasi oleh tikus dan bisa menyebabkan penyakit.

Rumah Anda juga dapat menjadi sumber air minum bagi tikus. Mereka memanfaatkan pipa air, genangan air di wastafel, hingga wadah minuman air hewan peliharaan Anda untuk memuaskan dahaganya. Hiiiyyyy....

Selain itu, tikus juga mencari tempat berlindung yang aman di rumah Anda, Mereka bersarang, bahkan berkembang biak di dalam rumah. Biasanya, mereka membangun sarang di loteng atau atap rumah, di balik atau dibawah peralatan rumah tangga, dan di balik tembok.

Mereka juga cenderung mencari kehangatan bawah lemari, di belakang kulkas, hingga di sudut-sudut rumah yang jauh dari jangkauan Anda.

Kotor dan bawa penyakit, saatnya usir mereka dari rumah!

tikus di selokan
Tikus memanfaatkan pipa air, genangan air di wastafel, hingga wadah minuman air hewan peliharaan Anda untuk memuaskan dahaganya.

Jangan khawatir, Anda dapat mencegah kedatangan tikus yang tak diundang ke rumah Anda. Selalu tutup wadah makanan, tidak menimbun sampah, membuang barang-barang bekas, dan menutup celah dan lubang sebagai pintu masuk tikus.

Tak kalah penting, Anda juga bisa mencegah tikus bersarang dengan memperhatikan kebersihan setiap sudut-sudut rumah, seperti kolong kabinet atau belakang kulkas, dan jangan biarkan barang-barang berserakan atau bertumpukan.

Mengapa sih kehadiran tikus perlu perhatian khusus? Sebab, tak hanya membuat lingkungan rumah kotor, tikus juga dapat menularkan penyakit yang berbahaya kepada Anda dan keluarga tercinta. Beberapa bahkan mengancam nyawa.

Setiap bagian dari tikus dapat jadi sumber penyakit: tubuh, air liur, urin, kutu, hingga kotorannya.

Berbagai penyakit berbahaya yang ditimbulkan tikus antara lain Salmonellosis, pes, dan alergi asma.

Sedangkan beberapa penyakit fatal yang mengancan nyawa, menurut PestWorld, ialah rat bite fever (RBF), Lymphocytic chorio-meningitis (LCM), hingga hantavirus pulmonary disease (HPD).

Basmi tikus dengan cara paling efektif

Anda mungkin  telah mengenal ragam metode membasmi tikus, salah satunya dengan menggunakan perangkap tikus. Cara ini cukup dikenal karena sangat ramah dikantong dimana pemakaiannya bisa untuk berulang kali. Namun sayangnya, penggunaan perangkap tikus, pada umumnya meninggalkan noda darah yang sulit dibersihkan. 

Untungnya, kini  telah hadir  perangkap tikus  dengan inovasi terbaru yang efektif membasmi tikus tanpa meninggalkan noda darah dan sangat ekonomis, yaitu Perangkap Tikus Mekanis dari Cap Gajah.

perangkap tikus mekanik
Perangkap tikus mekanis Cap Gajah, praktis dan ekonomis.

 Perangkap Tikus Mekanis Cap Gajah sangat canggih dan mudah digunakan.

Pasang perangkap di tempat tikus biasa lewat di rumah Anda. Perangkap dengan teknologi gerigi tumpul yang saling mengunci ini akan membuat tikus terjepit dan mati seketika.

Alat ini akan membunuh tikus tanpa meninggalkan noda darah dan bau menyengat. Terlebih, Anda tak perlu menyentuh bangkai tikus saat hendak membuangnya. Cukup letakan kantong plastik dan tekan ujung perangkap. Bangkai akan langsung jatuh ke kantong plastik, ikat, dan kemudian buang.

Yang tak kalah penting, Perangkap Tikus Mekanis Cap Gajah, dapat digunakan berkali-kali sampai 100 kali pemakaian. Bersihkan perangkap dengan karbol setelah pemakaian dan keringkan. Perangkap pun siap untuk digunakan kembali

Menjaga kebersihan rumah dan kesehatan Anda sekeluarga adalah harga yang tak bisa ditawar. Apalagi, saat Anda dianjurkan untuk diam di rumah hingga berhari-hari. Yuk, enyahkan tikus dari rumah dengan cara yang lebih efektif, praktis, dan ekonomis!

Penulis: Bardjan / Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved