Breaking News:

Anak Sembelit di Masa Awal Konsumi MPASI, Orangtua Jangan Panik, Simak Penjelasan Dokter

Sembelit pada anak di masa awal mengonsumsi MPASI bisa karena beberapa faktor.

Shutterstock
Ilustrasi anak makan buah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sembelit pada anak di masa awal mengonsumsi MPASI bisa karena beberapa faktor. 

Dokter Spesialis Anak, dr. Budi Ranu Bedali, SpA, mengimbau orang tua jangan langsung panik saat anak tiba-tiba kesulitan buang air besar.

Pertama, perut bayi masih adaptasi dengan bentuk makanan padat, sehingga mungkin saja sistem pencernaannya masih menyesuaikan.

Selama tidur anak tidak terganggu, anak masih bisa buang angin, dan masih ceria dr. Budi memastikan hal tersebut karena penyesuaian saja.

Baca: Ramai Pernyataan Shandy Aulia yang Beri MPASI di Usia 4 Bulan, Bagaimana Pemberian MPASI yang Tepat?

"Kalau anak masih bisa BAB, gak rewel, masih bisa buang angin, makan dan minum bagus, tidur tebang dan ceria anak tersebut masih sehat, hanya pencernaan yang penyesuaian saja," ungkap dr. Budi saat live bersama RS Keluarga Sehat, Jumat (24/7/2020).

Kemudian dr. Budi mengungkapkan saat anak sembelit maka yang harus dikoreksi adalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Berdasarkan pengalaman dr. Budi kebanyakan anak sembelit karena nutrisi yang diberikan tidak tepat seperti lebih banyak ASI atau susu formula.

"Sebagian besar pengalaman saya nutrisi anaknya belum bener terlalu banyak susu formula dan ASI, makannya kurang sehari masih dua kali jadi gizinya belum seimbang masih sering makan cemilan," kata dr. Budi.

Susu dan ASI memang bagus untuk tumbuh kembang anak tapi bagi anak yang sudah berusia enam bulan ke atas MPASI juga harus diseimbangkan sebagai sumber energi anak.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved