Breaking News:

Saat Krisis Datang, Profesi Akuntan Tetap Relevan

Misalnya, ilmu akuntansi dan profesi akuntan yang akan tetap relevan di era industri 4.0 terutama di Indonesia.

Freepik.com/via Tribun Medan
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Disrupsi teknologi di era industri 4.0 mengancam beberapa ilmu dan profesi yang ada saat ini. Meski demikian, bukan berarti semua bisa digantikan oleh mesin dan teknologi.

Misalnya, ilmu akuntansi dan profesi akuntan yang akan tetap relevan di era industri 4.0 terutama di Indonesia.

Kebutuhan akan profesi akuntan dibuktikan melalui terpilihnya Association of Chartered Certified Accountant (ACCA) menjadi 'The Professional Global Body of The Year' dalam Digital Accountancy Forum and Awards (DAF Awards) 2020 oleh The Accountant.

Terpilihnya ACCA dalam DAF Awards 2020 ini mencakup dampak global asosiasi melalui kepemimpinan pemikiran, acara, dan aktivitas yang berkelanjutan.

Baca juga: Sertifikasi Profesi Penting demi Memastikan Kompetensi Mahasiswa Agar Siap Kerja

Salah satu yang disoroti adalah hasil kerja professional insight (PI) team ACCA yaitu mengenai Global Covid-19 Survey, dengan 1 juta responden yang berkontribusi mengisi survei tersebut.

Hal ini membuktikan di tengah disrupsi dan pandemi Covid-19, pemulihan dan pergerakan ekonomi tetap membutuhkan ilmu akuntasi dan profesi Akuntan.

“ACCA berhasil memimpin profesi akuntansi secara global dengan menciptakan peluang. Tujuannya menetapkan nilai yang kami ciptakan untuk masyarakat," ungkap Head of ACCA Indonesia, Hani Kurnia, Senin (26/10/2020).

Baca juga: Fakta-fakta Pernikahan Ovi Dian-Helmi Rahman, Ini Profesi sang Suami hingga Mahar yang Diberikan

Hani menjelaskan, salah satu tujuan kami adalah membuka peluang lebih banyak untuk profesi, melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda dan lebih baik, dan kami tidak pernah melupakan kepentingan publik yang menjadi DNA dari ACCA.

Dari hasil Global Covid-19 Survey yang dilakukan ACCA, ada kekhawatiran utama di tengah pandemi ini dialami oleh pemilik perusahaan, dari skala kecil hingga besar.

Halaman
123
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved