Breaking News:

Insecure Sebetulnya Perasaan yang Wajar, Tapi Bahaya Apabila Berlebihan

Insecure merupakan sesuatu yang wajar. Setiap manusia bahkan membutuhkan rasa insecure untuk mendorong seseorang memiliki pencapaian baru dalam hidup.

https://www.healthline.com
Ilustrasi insecure 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beberapa waktu terakhir, kata insecure viral di dunia media sosial. Banyak netizen yang menyematkan kata insecure di postingan. 

Misalnya saat melihat sepasang kekasih yang terlihat romantis eksis di media sosial. Atau keluarga berada yang melakukan perjalanan keluar negeri misalnya.

Lantas apa itu insecure?

Seorang psikolog anak Anastasia Satriyo, M. Psi, Psi akan menjawab pertanyaan tersebut.

Baca juga: Tanda-tanda Migrain akibat Stres dan Cara Mengatasinya

Dalam live streaming yang diadakan di akun Instagram Kompas muda mengunggkapkan jika insecure merupakan rasa tidak aman pada seseorang.

Menurut Anastasia, rasa insecure merupakan sesuatu yang wajar. Setiap manusia bahkan membutuhkan rasa insecure untuk mendorong seseorang memiliki pencapaian baru dalam hidup.

Misalnya ketika seseorang merasa inscure pada orang pintar, maka ia akan terdorong untuk belajar lebih giat. 

Namun, rasa insecure yang berlebihan malah berdampak sangat buruk. Ia akan merasa merasa gelisah, malu, takut bertindak hingga menurunnya rasa percaya diri. 

Pribadi yang memiliki rasa insecure yang berlebihan akan lebih sering melihat kekurangan dalam diri dibandingkan kelebihan.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved